Senin,22 Agust 2016 18:03 WIB

Penulis: andy

CAR - exposed

All New Porsche Panamera : Sportscar Rasa Luxury Sedan

  • Foto: Porsche

    Tampak depan Porsche Panamera

  • Foto: Porsche

    Tampak belakang Porsche Panamera

  • Foto: Porsche

    Interior Porsche Panamera

Sejak diperkenalkan pada April 2009, Porsche Panamera berhasil mencipatkan celah pasar baru di ranah luxury sedan. Sejak kehadirannya, Panamera langsung berhadapan dengan rival berat, seperti Aston Martin Rapide, Maserati Quattroporte, serta Bentley Flying Spur.

Kini, Porsche pun menghadirkan generasi terbaru Panamera yang siap kembali menghidupkan spirit sportscar pada luxury sedan asal Stuttgart ini. Di tangan Dr Gernot Döllner selaku Head of Panamera Model Range, Panamera generasi terbaru ini sudah melalui serangkaian uji coba dan tes selama lima tahun terakhir, sebelum akhirnya diperkenalkan kepada publik di Jerman, 28 Juni lalu.

Generasi kedua Panamera ini memiliki dimensi 35 milimeter lebih panjang, 5 mm lebih luas, dan 5 mm lebih tinggi dari generasi sebelumnya. Pun kini bahasa desain Porsche 911 dan 718 Boxster /Cayman semakin kental terasa, khususnya pada bagian fascia depan. Menariknya di bagian buritan belakang terdapat retractable rear spoiler yang mampu melebar secara otomatis setelah diaktifkan.

Ubahan signifikan mulai terasa saat masuk ke dalam ruang kabin Panamera yang kini menyatukan unsur teknologi dan kemewahan menjadi paket yang lebih menggoda. Kini dashboard memiliki desain yang baru yang didominasi oleh touchscreen 12,3 inci yang terintegrasi dengan Apple CarPlay dan navigasi, touch button, serta instrument cluster yang kini mengadopsi dua layar 7-inci yang “terpisah” oleh takometer analog di bagian tengah.

Saat ini Porsche menyediakan dua versi jantung pacu untuk Panamera, yakni mesin 2.894 cc V6 Twin-Turbo dengan torehan tenaga 440 hp/550 Nm untuk Panamera 4S, serta mesin 3.996 cc V8 Twin Turbo berkekuatan 422 hp/850 Nm dan 550 hp / 770 Nm untuk versi Panamera 4S Diesel dan Panamera Turbo. Oh ya, Porsche pun sudah mengetes Panamera Turbo di Nordschleife, Nurburgring, dengan torehan waktu 7 menit, 38 detik. Wow!

 

EDITOR

andy

TERPOPULER

Top