Rabu,23 Nov 2016 19:30 WIB

Penulis: andy

CAR - exposed

Audi Q5 2017 Lebih Ringan Dan Bertenaga

  • Foto: Audi

    Audi Q5 2017 Lebih Ringan Dan Bertenaga

  • Foto: Audi

    Audi Q5 2017 Lebih Ringan Dan Bertenaga

  • Foto: Audi

    Audi Q5 2017 Lebih Ringan Dan Bertenaga

Penetrasi Audi Q5 ke pasar SUV dimulai pada 2008 lalu. Dan sampai saat ini, Q5 sudah terjual hingga 1,6 juta unit di seluruh dunia. Kini, Audi kembali meremajakan Q5 untuk meningkatkan angka penjualannya kembali. Mampukah Q5 menghadang para rivalnya seperti BMW X3, Jaguar F-PACE hingga Mercedes-Benz GLC-Class?

Generasi kedua Q5 dibangun menggunakan platform MLB milik Volkswagen Group. Artinya, platform yang digunakan mirip seperti A4. Hal ini membuat Q5 terbaru ini mengalami diet hingga sekitar 90 kg dari tipe sebelumnya.

Figurnya diklaim jadi lebih baik soal performa mau pun efisiensi konsumsi bahan bakar. Secara dimensi, Q5 terbaru juga lebih besar dari pendahulunya. Panjangnya 4,66 meter, lebar 1,89 meter, dan wheelbase 2,82 meter. Intinya, SUV premium andalan Audi dimensi panjang bertambah 30 mm dan khusus untuk legroom kabin bertambah sekitar 20 mm.

Khusus tampilan eksterior, prinsipal Audi membawa generasi terbaru Q5 layaknya seperti line up terbaru Q7 dan Q2. Yang dikemas dengan gril yang lebih tegas, headlamp berdesain modern, serta aplikasi material dalam kabin yang lebih berkualitas.

Kesan modern dan terkini merambah ke sektor kabin. Terdapat layar berukuran 12,3 inci di balik setir sebagai ‘virtual cockpit’ bagi pengemudi. Pengemudi bisa memilih tampilan klasik seperti putaran mesin dan spidometer, atau layar tersebut bisa menjadi navigasi. Terdapat pula opsi head up display untuk membantu pengemudi.

Sedangkan bagian tengahnya, tersemat layar sentuh berukuran 8,3 inci yang pengoperasiannya bisa dilakukan dengan touchpad MMI pada konsol tengah. Banyak fitur yang bisa Anda lakukan, plus dapat terkoneksi dengan smartphone Anda.

Tidak tanggung-tanggung, kastemer Eropa dihadapkan dengan berbagai pilihan mesin. Untuk versi 2.0 TDI bisa mengeluarkan tenaga 150 dk, 163 dk, dan 190 dk. Sedangkan versi dieselnya menelurkan 140 kW atau sekitar 190 dk. Sedangkan mesin 2.0 TFSI menyemburkan 252 dk. Oh ya, terdapat juga mesin 3.0 TDI yang sanggup memuntahkan tenaga 286 dk dan torsi 620 Nm.

Sementara untuk transmisinya ada manual 6-percepatan, 7-percepatan S tronic, dan 8-percepatan Tiptronic (khusus versi 3.0 TDI). Untuk transmisi otomatis dikemas dengan teknologi yang dapat menghemat bahan bakar. Pengemudi juga dapat melakukan perpindahan gigi melalui tuas paddle shift untuk sensasi mengemudi yang lebih menyenangkan.

Jangan tanya soal fitur keselamatan, Q5 sudah dibekali berbagai fitur yang dapat mendukung keselamatan dan kenyamanan berkendara. Sebut saja Adaptive Cruise Control (ACC) yang bisa digunakan meski saat lalu lintas padat dan jalan tersendat-sendat.

Adalagi Audi Active Lane Assist yang membuat mobil Anda tetap pada lajurnya yang dipadu dengan Distance Warning Alerts . Selain itu ada juga Cross Traffic Assist Rear, The Exit Warning System, Ccollision Avoidance Assist, dan Turn Assist. Plus ditambah emergency braking dalam batasan tertentu, park assist dan masih banyak lainnya.

Bagaimanapun, pabrikan Audi cukup peduli dengan keselamatan para pengguna Q5.

 

EDITOR

andy

Top