Rabu,24 Agust 2016 18:00 WIB

Penulis: andy

GUIDE - in car tainment

Audio Toyota Alphard : Trik Naik Kelas

  • Foto: ADLISAL RIVAI

    Paket Multimedia Martin Roland

  • Foto: ADLISAL RIVAI

    Roof monitor Martin Roland

  • Foto: ADLISAL RIVAI

    All Around View Camera

  • Foto: ADLISAL RIVAI

    Midrange Martin Roland

  • Foto: ADLISAL RIVAI

    Rear roof speaker Martin Roland

Akang, pemilik Dharma Audio, workshop spesialis in car-tainment di kawasan Gunung Sahari, Jakarta Pusat, selalu punya inovasi. Seperti yang sudah kami ulas di Car & Tuning Guide edisi-edisi lalu berupa penambahan fitur Around View Monitor, aplikasi steering switch audio control di berbagai jenis mobil, hingga membuat subwoofer yang praktis untuk ragam jenis MPV.

Nah, kali ini Akang punya paket untuk upgrade audio Toyota Alphard versi importir umum. “Karena pada dasarnya Toyota Alphard di pasaran importir ditawarkan dalam dua jenis. Tipe yang belum dilengkapi audio (audioless) dan tipe termewah yang dilengkapi audio (Premium Sound),” sahut Akang.

Perihal selisih harga keduanya, Kamaluddin Gozali dari showroom CBU DK Jaya Motor di bilangan Batu Tulis Raya, Jakarta Pusat, turut berkomentar, “Alphard tipe Premium Sound keluaran 2016 dijual dengan harga Rp 1,25 miliar. Sementara line-up Alphard audioless berkisar Rp 800 juta-Rp 1 miliar”.

Pada tipe terendah, Alphard audioless memang belum dilengkapi head unit, namun sudah dilengkapi 6 buah speaker serta dudukan sistem audionya. “Sehingga untuk paket trik naik kelas, tidak perlu membuat dudukan ulang. Semua aplikasi audio sifatnya plug and play. Mudah dan praktis untuk upgrade,” tambah Akang yang bernama lengkap Kartolo Saimin.
 
Kekurangan sistem audio bawaan tipe Premium Sound adalah head unit masih menggunakan bahasa Jepang, serta fitur GPS yang tidak bisa terpakai. Gelombang dan frekuensi radio pun terbatas. Bahkan jika ada fitur TV tidak bisa maksimal mendapatkan saluran televisi lokal.

Inilah sebabnya, Akang akhirnya berinovasi membuat paket audio Alphard tipe terendah agar bergaya varian termewahnya. Tersedia dua paket untuk MPV Toyota ini.

Paket pertama seharga Rp 22 jutaan yang terdiri dari fitur Around View Monitor, head unit, power amplifier, roof monitor 12 inci, subwoofer 8 inci, serta 11 speaker tambahan. Untuk paket ini Akang membutuhkan waktu sekitar 1 hari pengerjaan.

Sedangkan paket kedua hanya audio saja tanpa Around View Monitor dengan harga Rp 16 jutaan dan proses instalasi selama 4 jam saja.

Nah, berikut penjabaran paket upgrade audio Alphard.

Paket Audio
 

1.

Head Unit Martin Roland. Berlayar 9 inci dengan fitur multimedia, seperti GPS, MirrorLink, Bluetooth, GPS, aux 2 line, output 4x25 Watt, surround stereo serta support resolusi 1080p. Untuk Wi-Fi sifatnya optional. Dilengkapi dengan frame head unit yang tak kalah ciamik ketimbang tipe premium sound

2.

Power Amplifier Martin Roland MR4.50D. Fiturnya 7-band equalizer, 4-channel, digital power dengan range frekuensi 20 Hz-35 kHz. Hasilnya, efek suara lebih detail untuk nada-nada tinggi

3.

Speaker Martin Roland MR-32 C. Speaker 2-way coaxial. Sebagai mid range dan tweeter dengan rentang frekuensi 100 Hz-20 khz. Berukuran 3 inci dengan kapasitas 4 ohm
4. Midrange MR M1G. Speaker ini diaplikasi di plafon Alphard aau di samping roof monitor. Sudah dilengkapi cover speaker yang mirip dengan tipe Premium Sound.
5. Roof Monitor Martin Roland. Berukuran layar 12 inci. Sayangnya masih manual proses buka tutupnya. Sedangkan tipe Premium Sound sudah elektrik
6. Subwoofer Martin Roland. Berukuran 8 inci serta dilengkapi boks dan power amplifier khusus subwoofer berlabel Rodek. Frekuensinya antara 50 Hz-150 Hz untuk mendongkrak nada bawah.

 

EDITOR

andy

Top