Selasa,25 Okt 2016 16:30 WIB

Penulis: Hafiz Fsuzan

TUNING - guide

Blackvue Dashcam Safe And Secure

  • Foto: Rusli Ilfan

    Blackvue Dashcam Safe And Secure

  • Foto: Rusli Ilfan

    Blackvue Dashcam Safe And Secure

  • Foto: Rusli Ilfan

    Blackvue Dashcam Safe And Secure

  • Foto: Rusli Ilfan

    Blackvue Dashcam Safe And Secure

  • Foto: Rusli Ilfan

    Blackvue Dashcam Safe And Secure

  • Foto: Rusli Ilfan

    Blackvue Dashcam Safe And Secure

  • Foto: Rusli Ilfan

    Blackvue Dashcam Safe And Secure

  • Foto: Rusli Ilfan

    Blackvue Dashcam Safe And Secure

Saat ini penggunaan dashboard camera (dashcam) memang belum terlalu populer di kalangan pengguna mobil di Indonesia. Padahal penggunaan dashcam mampu menunjang keselamatan maupun keamanan berkendara. Antara lain dapat menjadi alat bukti kala terjadi insiden kecelakaan, atau merekam kondisi jalan di saat Anda bertualang, maupun ketika terjadi suatu aksi spontan.

Meski belum populer, sejatinya di pasaran sudah banyak beredar produk dashcam, mulai dari yang ekonomis hingga paling canggih sekalipun. Salah satu contohnya adalah Blackvue, produsen dashcam asal Korea Selatan yang merilis produk DR650GW dengan fitur ‘tak biasa’ dibandingkan dashcam pada umumnya.

“Kelebihan Blackvue dibandingkan dashcam lain lebih kepada daya tahan di suhu tinggi, sampai 70 derajat Celcius berdasarkan hasil tes. Selain itu produk ini juga memiliki kualitas hasil rekam yang jelas, GPS tracking, komunikasi antar-mobil dengan smartphone, serta Live Streaming yang memudahkan pemilik mengecek secara real time posisi mobil dan kondisi di sekitarnya,” terang Alvin dari Gavindo Mitra Global, Distributor Blackvue di Indonesia.

Saat ini Blackvue yang tersedia di Indonesia adalah tipe DR650GW, baik 1 channel (kamera depan) maupun 2 channel (kamera depan dan belakang). Sebagai kamera utama menggunakan kamera full HD dengan sensor 2.4 MP Sony EXMOR CMOS, serta kamera belakang HD yang mengadopsi sensor 1 MP CMOS. Kamera utama sudah dibekali sistem built-in Wi-Fi, GPS, mic, speaker, serta Security LED.

“Untuk menyimpan hasil rekaman video bisa menggunakan MicroSD up to 128 GB, tapi kami sediakan free 16 GB dalam paket pembelian. Proses pemasangan kamera depan dan belakang tergolong mudah, hanya perlu membuat jalur di platfon untuk kabel coaxial dari kamera belakang ke kamera utama,” jelas Jimmy dari workshop Karrvue, yang menyediakan Blackvue untuk kawasan Jakarta dan sekitarnya.

Hasil rekaman yang dihasilkan DR650GW lebih menarik karena bisa merekam berdasarkan kondisi normal, atau terbagi dalam kondisi tertentu berdasarkan sistem motion detection. Kemampuan ini mempermudah pengguna melihat kejadian di sekitar mobil tanpa harus melihat video secara keseluruhan.

Hanya saja perlu dicatat sistem perekaman di DR650GW akan menghapus secara permanen video yang tersimpan di memori apabila sudah penuh. Selain itu diperlukan akses internet yang stabil untuk bisa mengatur sekaligus melihat hasil tayangan Blackvue lebih cepat dan mudah.

Saat ini Blackvue DR650GW dipasarkan di harga antara Rp 3,5 juta hingga Rp 4,5 juta untuk versi 1 channel dan 2 channel. Jika Anda berminat menggunakan produk ini, Anda bisa menemukannya di beragam situs e-commerce Tanah Air, atau langsung berkunjung ke workshop Karrvue yang berada di bilangan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

 
Real-Time on Hands

Salah satu kelebihan DR650GW dibandingkan dashcam lainnya adalah kemampuannya untuk dioperasikan sekaligus mengunduh file video di dashcam menggunakan Blackvue Apps (smartphone Android & iOS) dan Blackvue Viewer (PC). Caranya dengan menggunakan akses internet dan server cloud, dimana hasil output dari kamera akan disalurkan ke cloud server melalui akses internet, sebelum akhirnya bisa dicek oleh pengguna melalu smartphone maupun PC.

Selain mampu diatur melalui smartphone dan PC, DR650GW pun melakukan live streaming untuk melihat kondisi jalanan ataupun sekitar mobil Anda. Informasi yang disajikan di dalam smartphone pun lengkap, dari mulai posisi mobil di peta digital, kecepatan mobil, serta ditayangkan secara real time. Sayangnya tayangan ini dibatasi 10 menit per hari, namun bisa ditambah sesuai keinginan dengan membayar 8 dolar AS untuk menyaksikan selama 24 jam per hari.

“Penggunaan Blackvue Apps bisa dipasang di head unit mobil, apabila menggunakan sistem OS Android dengan fitur Play Store yang tersedia. Tapi asyiknya adalah dari apps ini kita bisa berkomunikasi mengeluarkan suara ke mobil, sehingga bisa seperti berbicara melalui handie talkie ke pengemudi. Ini bisa dilakukan apabila ada akses internet mobile wi-fi yang stabil dan memiliki akses internet baik,” tutup Jimmy.


Karrvue
Ruko Ekslusif, Blok I, No 31
Pantai Indah Kapuk
Jakarta Utara
Telp. 087884007673 (Jimmy), 085777887475 (Alvin)

    

 

EDITOR

andy

Top