Selasa,23 Agust 2016 19:03 WIB

Penulis: Hafiz Fauzan

GUIDE - community

CRUZOR (CRUZE ORLANDO) INDONESIA: Lestarikan Chevrolet Langka

  • Foto: CRUZOR

    CRUZOR melestarikan Chevrolet langka

  • Foto: CRUZOR

    CRUZOR melestarikan Chevrolet langka

  • Foto: CRUZOR

    CRUZOR melestarikan Chevrolet langka

  • Foto: CRUZOR

    CRUZOR melestarikan Chevrolet langka

Bisa dikatakan nasib ‘kurang beruntung’ menyelimuti varian sedan dan MPV 7-seater milik Chevrolet, yakni Cruze dan Orlando. Ya, dua tipe mobil berbasis GM Delta II Platform ini bisa dikatakan kurang bersinar eksistensinya di kalangan pengguna Chevrolet di Tanah Air. Terlebih jika dibandingkan Chevrolet Captiva, Aveo, dan Spin yang punya basis penggemar cukup kuat di Tanah Air.

Kendati demikian, bukan berarti dua varian ini tidak mendapatkan peminat tersendiri. Hal ini dibuktikan lewat berkumpulnya para pengguna Chevrolet Cruze dan Orlando dalam satu perkumpulan nan solid dan sederhana bertajuk CruzOr (Chevrolet Cruze Orlando) Indonesia.

Dibentuk pada Desember 2013, CruzOr Indonesia yang kini memiliki total 120 member ini menjadi satu-satunya sarana bagi pengguna Cruze maupun Orlando untuk bisa bersilaturahmi, sekaligus menambah pengetahuan seputar tunggangan kesayangan. Komunitas ini pun ternyata sudah tersebar tidak hanya di Jabodetabek saja, melainkan juga di Makassar, Manado, Sorong, Banjarmasin, Lombok.

Ada hal menarik yang menjadikan komunitas ini terus berkembang. Menurut penuturan Ketua CruzOr Indonesia, Prijambodo “Uban” Satyabudhi, berkembangnya komunitas ini terbagi beberapa aspek. “Jadi bisa dikatakan berkembangnya komunitas ini dilatarbelakangi oleh para pengguna setia Chevrolet yang berpindah ke Cruze atau Orlando, kemudian pengguna baru yang melihat varian Orlando value for money plus stok Spin sudah habis, dan terakhir pengguna Chevrolet yang ingin anti-mainstream. Hehehe,” kekehnya.

Untuk menjadikan komunitas ini semakin solid, CruzOr Indonesia terus mengadakan beragam kegiatan menarik yang bisa diikuti oleh keluarga. Salah satu kegiatan yang cukup besar terjadi di Agustus tahun lalu, dimana komunitas ini melakukan touring keluarga menuju Cirebon. Konon untuk tahun ini touring CruzOr akan diadakan jauh melintas pulau menuju Lampung di Sumatera.

Selain kuat dari segi kegiatan, komunitas ini juga menjalin komunikasi yang intens dan positif kepada General Motors (GM) Indonesia selaku prinsipal Chevrolet di Indonesia. Komunikasi yang dijalin pun menjadikan CruzOr Indonesia sebagai salah satu “corong” bagi pengguna kedua varian ini dalam memberikan input masukan sekaligus komplain mengenai permasalahan Cruze dan Orlando.

“Khusus Orlando sempat ada sedikit permasalahan di sektor transmisi yang hampir menjangkiti sebagian mobil member. Kita komunikasikan ke GM Indonesia sebagai bentuk input agar hal tersebut tidak terjadi di Orlando lain, dan respons dari mereka juga tergolong cepat dengan mengganti part baru. Untuk kegiatan GM Indonesia pun CruzOr sering diajak berpartisipasi, sehingga bisa dibilang untuk member ridak perlu khawatir untuk memiliki dan merawat kedua varian ini,” tambah Uban.


Nah, jika Anda penasaran dan ingin bergabung dengan komunitas CruzOr Indonesia, Anda bisa langsung menghubungi komunitas ini melalui kanal facebook di CruzOrIndonesia, email di cruzor.indonesia@gmail.com, serta kontak sekretariat CruzOr Indonesia di 081315858465. Untuk pendaftaran member baru dikenakan biaya Rp250 ribu, dimana biaya tersebut digunakan untuk pakaian resmi CruzOr, sticker, serta Kartu Tanda Anggota.

Gemar Maintenance Mesin Sendiri

Bicara soal maintenance mesin mobil seringkali tidak melulu harus dilakukan oleh bengkel resmi. Terkadang dari lingkup komunitas sendiri sudah banyak informasi mengenai maintenance mobil, yang tak jarang malah lebih canggih dan lebih hemat biaya. Seperti maintenance tune up yang dilakukan CruzOr untuk mesin Cruze dan Orlando yang menggunakan mesin 1.796 cc ECOTEC inline-4.

“Biasanya kalau di bengkel resmi maintenance tune-up paling hanya pembersihan berupa semprot throttle body saja, kalau di CruzOr kita bersihin sampai ke ruang bakar dan disedot kotorannya menggunakan vacuum cleaner. Intinya adalah kita bikin mobil sehat dari segi mesin dulu, supaya pas dipakai jadi lebih enak,” terang Uban. Canggih!

CRUZOR perbaiki mesin sendiri
doyan perbaiki mesin sendiri

 

 

EDITOR

andy

TERPOPULER

Top