Selasa,29 Nov 2016 21:15 WIB

Penulis: Fajar Diva

Engraving Projector Lens

  • Foto: Dok. CAR & TUNING GUIDE

    Engraving Projector Lens

  • Foto: Dok. CAR & TUNING GUIDE

    Engraving Projector Lens

  • Foto: Dok. CAR & TUNING GUIDE

    Engraving Projector Lens

  • Foto: Dok. CAR & TUNING GUIDE

    Engraving Projector Lens

  • Foto: Dok. CAR & TUNING GUIDE

    Engraving Projector Lens

  • Foto: Dok. CAR & TUNING GUIDE

    Engraving Projector Lens

  • Foto: Dok. CAR & TUNING GUIDE

    Engraving Projector Lens

Tren mengukir atau grafir lensa proyektor cukup mewabah di luar negeri, khususnya di Amerika Serikat. Ya, ternyata headlamp proyektor masih bisa dibuat lebih personal, yaitu dengan mengukir desain sesuai keinginan di permukaan lensa.

Engraving projector lens adalah salah satu hasil karya rumah modifikasi The Retrofit Source. Beberapa desain yang dapat dibuat di lensa headlamp ini antara lain honeycomb, atau emblem seperi TRD dan lain-lain.

Di Indonesia, workshop Avant Garde Autostyle pun cukup peka dengan menghadirkan tren tersebut. “Untuk saat ini kami baru mengerjakan desain honeycomb pada lensa proyektor,” sahut Ananta dari Avant Garde Autostyle di bilangan Serpong, Tangerang.

Ananta memang terpengaruh dan terinspirasi dari modifikator asal Amerika. Awalnya ia bersama rekan-rekannya di Avant Garde Autostyle melakukan trik ini pada lampu proyektor BMW dengan cara trial and error.

Setelah beberapa kali mencoba, ia pun berhasil. “Akhirnya saya bisa mengukir desain honeycomb pada lensa proyektor BMW Z4. Ya, inilah hasil karya pertama, dan rasanya baru pertama di Indonesia,” ujar pemilik workshop spesialis lampu mobil ini. Kini tak hanya motif sarang lebah yang dapat diukir oleh Ananta, desain apapun bisa diaplikasi pada headlamp proyektor berbagai merek mobil.

Dalam membuat ukiran, Ananta melakukan beberapa tahapan. Sebagai tahapan awal, ia merancang desain yang hendak diukir. Kemudian desain ini dicetak dan dibuatkan cutting sticker.

Selanjutnya berdasarkan desain yang ditempelkan via cutting sticker ini lensa digrafir menggunakan alat khusus. “Alat grafirnya menggunakan penggerak kompresor udara. Alat ini mengukir lensa sesuai desain dengan kedalaman ukiran sekitar 2 mm atau tergantung ketebalan kaca. Setelah lensa digrafir, saat lampu proyektor menyala cahayanya menghasilkan pola desain grafir yang seolah membentuk tekstur tiga dimensi. Hal ini disebabkan headlamp proyektor menggunakan lensa cembung,” tambah Ananta yang menghabiskan waktu sekitar 1-2 minggu untuk menggarap satu proyek.

Konsumen yang ingin mengaplikasi ubahan ini diharap bersabar, karena proses grafir sudah termasuk bongkar-pasang headlamp dan komponen proyektor. “Apabila lensa proyektor menggunakan material plastik, permukaanya tidak bisa digrafir. Mau tidak mau harus diganti dengan kaca agar bisa diukir sesuai desain. Yang mengaplikasi lensa proyektor plastik adalah mobil-mobil yang sudah menggunakan teknologi LED pada headlampnya, seperti HR-V Prestige, All New Mazda2, dan lain-lain,” tegasnya.

Lantas, berapa biaya grafir lensa proyektor ini? Jika workshop The Retrofit Source mematok harga sekitar 80 dolar AS, Ananta memasang tarif Rp 400 ribu untuk satu batok lampu BMW Z4 yang memiliki dua lensa. Jika proyektor belum dilengkapi lensa jenis kaca, maka jika lensa kaca plus grafir dikenakan biaya Rp 800 ribu.

Untuk saat ini lensa berukuran 2,5 inci yang tersedia. “Rata-rata ukuran lensa proyektor mobil umumnya memang pada kisaran 2,5 inci. Kecuali milik HR-V Prestige karena bentuk lensanya yang mengotak. Dan kami pun belum memiliki lensa kaca untuk HR-V Prestige,” terang pria yang kerap berinovasi soal headlamp dan stoplamp.

Jangan khwatir jika kendaraan Anda belum mengadopsi headlamp jenis proyektor. Workshop ini menyediakan headlamp jenis proyektor custom yang dijual dengan harga mulai dari Rp 2 jutaan.

Proyek selanjutnya, Ananta akan berkreasi dengan desain yang lebih menarik. Tak sebatas hanya honeycomb, namun personalisasi akan lebih diutamakan. “Kemungkinan besar akan uji coba untuk headlamp BMW dan Mercedes-Benz. Baik dalam bentuk logo merek keduanya, atau bisa juga logo M Performance BMW. Tampilan depan pun terlihat lebih catchy dan sebagai bentuk identitas tersendiri,” tutupnya.

Oke, kita tunggu hasil kreasi selanjutnya. Semoga bisa jadi tren modifikasi headlamp di Tanah Air.

Workshop
AVANT GARDE AUTOSTYLE
Jl. Boulevard Il Lago, Ruko Mendrisio Blok E No.22
Paramount Serpong, Tangerang
Telp. (021) 5476800, 081317440499

EDITOR

andy

Top