Kamis,20 Okt 2016 19:30 WIB

Penulis: Rachmat Sadeli

GUIDE - in car tainment

Head Unit Besar Manjakan Mata Dan Canggih

  • Foto: FARINGGA

    Head Unit Besar Manjakan Mata Dan Canggih

  • Foto: FARINGGA

    Head Unit Besar Manjakan Mata Dan Canggih

  • Foto: FARINGGA

    Head Unit Besar Manjakan Mata Dan Canggih

  • Foto: FARINGGA

    Head Unit Besar Manjakan Mata Dan Canggih

  • Foto: FARINGGA

    Head Unit Besar Manjakan Mata Dan Canggih

Kebutuhan akan hiburan yang menyenangkan dengan fasilitas terkini mendorong pabrikan audio melansir head unit dengan monitor berukuran besar. Monitor berukuran di atas 7 inci itu kini sudah diimbuhkan di mobil standar dan juga tersedia produk after marketnya. 

Salah satu yang memakai head unit berukuran 8 inci adalah Toyota All New Kijang Innova tipe Q dan V. Perangkat standarnya sudah dibekali dengan fasilitas Mirror Link, Bluetooth, browser, HDD WiFi, dan GPS. Hartono, instalatur HK Car Audio di Pasar Mobil Kemayoran, Jakarta Pusat mengatakan, “Head unit-nya sudah pakai Pioneer seperti yang ada di pasaran. Sudah relatif bagus lah untuk dapat suara berkualitas.” 

Selain produk standar, tersedia pula head unit aftermarket keluaran AVT yang punya ukuran besar. “Saat ini tersedia untuk All New X-Trail ukuran 10 inci dan All New CR-V 10,2 inci yang pakai fitur Android,” bilang Cherly yang jadi juru bicara importir produk AVT. 

Untuk head unit AVT buat X-Trail memakai Android V.4.4.4 yang memiliki tingkat kecepatan respons di layar sangat tinggi. Sedangkan untuk AVT All New CR-V memakai Android Jelly Bean 4.1 dual-core. “Pemasangan sekitar 40 menit, harga head unit All New X-Trail dan CR-V Rp 7 juta,” ungkap Sherly yang beberapa waktu lalu menjual produknya di ajang GIIAS 2016.  

Berikutnya ada produk Alpine yang  khusus bikin head unit untuk  Toyota Alphard dan Vellfire. Head unit tipe X009E-AV2 adalah bagian dari program Alpine Style, yang punya layar lebar 9 inci LED/WVGA. 

Makanya tak heran kalau head unit ini resolusi gambarnya detail untuk aplikasi nevigasi dan hiburan. Selain itu, mampu membaca format DVD, dilengkapi dengan equalizer, time correction, dan x-over akktif. Berikutnya, ada koneksi kabel HDMI yang bisa bikin head unit terhubung sama gadget terkini. 

Selanjutnya ada head unit Martin Roland yang punya ukuran layar 9 inci untuk Toyota Alphard audioless, versi importir umum. Fitur meliputi GPS, MirrorLink,Bluetooth, GPS,aux 2 line, output 4x25 Watt, surround stereo, serta support resolusi 1080p. Untuk Wi-Fi sifatnya optional. Dilengkapi dengan frame head unit yang tak kalah ciamik ketimbang tipe premium sound. 

Untuk head unit Martin Roland yang didistribusikan oleh gerai audio Dharma Audio, Gunung Sahari, Jakarta Pusat, dijual satu paket dengan peranti lainnya. Paketnya seharga seharga Rp 22 jutaan, terdiri dari Around View Monitor, head unit Martin Roland, power amplifier, roof monitor 12 inci, subwoofer 8 inci dan 11speaker tambahan. Pemasngan butuh waktu 1 hari. 


Istilah Di Head Unit

Berikut beberapa istilah atau nama fitur yang biasanya dijumpai pada head unit. Fitur-fitur ini menggambarkan kemampuan head unit melakukan berbagai fungsi. 

  • Time Correction/Time Aligment/Time Delay: Time correction (waktu pengaturan datangnya suara) atau time delay. Tujuan correction waktu suara adalah agar datangnya suara dari speaker kiri dan kanan dapat bersamaan. Caranya, masing-masing speaker diukur jaraknya ke pendengar. 
  • MirrorLink™: Teknologi ini ada di head unit Alpine dan Sony. Dengan teknologi ini head unit mampu bersinkronisasi dengan smartphone. Cara kerjanya yaitu berupa fasilitas Virtual Network Computing (VNC). Artinya, smartphone yang terkoneksi dengan head unit, tampilan menu navigasi smartphone akan hadir di layar head unit. 
  • Equalizer/EQ: Berperan mengatur keseimbangan nada pada semua frekuensi suara.
  • Advance App Mode: Ada pada produk Pioneer.  Dengan fitur ini, pengemudi dapat mengkontrol aplikasi yang kompatibel dengan iPhone 4, 4S secara langsung dari dasbor mobil.
  • IC Burr Brown: Jika Anda melihat ada tulisan Burr Brown di head unit, maka itu artinya sistem suaranya telah dibekali dengan komponen IC Burr Brown yang sohor hasilkan suara ciamik  Head unit memakai IC ini adalah Alpine IVA-D511E dan Pioneer DEH-P80RS. 
  • Aux In: Adalah Auxilary Input yang punya peran sebagai konektor agar bisa terkoneksi dengan kabel jack dari handphone atau perangkat lainnya. Dengan fasilitas ini sumber bunyi, baik musik atau suara dari handphone dapat masuk ke sistem audio melalui head unit. 
  • DAC:  Adalah bagian sistem di head unit yang dipakai untuk mengkonversi sinyal masukan bentuk digital menjadi sinyal analog atau suara. Biasanya dikuti dengan tulisan Bit, semisal 24 Bit. Semakin tinggi Bit maka semakin halus kemampuan DAC melakukan proses pengolahan sinyal suara. 
  • Detectable Face Security™: Teknologi memungkin pemilik head unit untuk melepas layar display keluar dari mobil. Peranti merupakan fitur pengaman head unit dari kemungkinan pencurian. Sistem ini ada di head unit Pioneer. 
  • AAC: Merupakan Advanced Audio Coding merupakan format kompresi audio yang digunakan dalam Apple iPod, iPhone dan iTunes. Format ini lebih baik mutu suaranya dibanding MP3.

EDITOR

andy

Top