Rabu,2 Nov 2016 14:01 WIB

Penulis: andy

CAR - exposed

Honda CR-V Generasi Kelima

Halaman 1 dari 6

Foto: Honda

Honda CR-V Generasi Kelima 2017

Akhirnya Honda melansir SUV terbarunya yang laris di pasaran. CR-V 2017 diperkenalkan di Detroit, Amerika Serikat dan akan dijual mulai Desember mendatang. Generasi kelima ini datang dengan platform baru yang juga digunakan pada Honda Civic dan Acura RDX.

Melihat dimensinya, mobil yang telah terjual lebih dari 4 juta unit di seluruh dunia ini punya postur sedikit lebih besar. Dimensinya lebih panjang 68 mm, lebih lebar 35 mm, serta lebih tinggi 25 mm. Wheelbase yang bertambah 40 mm secara tak langsung membuat kabin lebih luas.

 

Honda CR-V Generasi Kelima
Honda CR-V Generasi Kelima

Tampilan futuristis Civic dan Accord coba dituangkan pada Medium SUV ini. Lampu LED jadi peranti utama untuk menerangi perjalanan di gelapnya malam. Desain lampu utama ini berkesinambungan dengan gril khas Honda. Di ujung bumper juga terdapat tarikan garis cukup kuat yang mengingatkan kita pada New Brio dan BR-V.

Ubahan paling mencolok terlihat di burtitan. Utamanya bentuk lampu belakang yang juga mengandalkan LED. Biasanya CR-V menggunakan model lampu di pilar D yang menjulur dari atas ke bawah. Namun di generasi kelima ini, lampu dibuat melebar hingga ke bawah kaca belakang. Sekilas desainnya mengingatkan Volvo V90.

Honda CR-V Generasi Kelima
Honda CR-V Generasi Kelima

Di bawah bumper, Honda menyematkan diffuser dengan finishing silver. Selain itu terdapat sepasang muffler yang mengesankan kalau mobil ini lebih bertenaga.
Honda juga menyematkan sunroof yang membuat CR-V baru ini semakin mewah. Roof rail dengan finishing silver juga terlihat kontras.

Ubahan besar terjadi di interior. Selain lebih mewah, juga terlihat futuristis. Paling menyita perhatian tentu saja layar monitor 7 inci yang seolah-olah menyatu dengan dasbor.

Posisi tuas transmisi yang menyatu dengan dasbor juga tetap dipertahankan. Di sampingnya terdapat beberapa tombol, seperti electric parking brake dan Econ. Tampilan panel instrumen serbadigital juga terlihat futuristis seperti kokpit pesawat tempur. Desain joknya yang besar dan lebar membuat pengemudi maupun penumpang lebih nyaman selama perjalanan.

Honda CR-V Generasi Kelima
Mesin 1.500 cc Turbo Honda CR-V Generasi Kelima

Untuk kali pertama, CR-V menggunakan mesin dengan turbocharger. Mesin yang sama dengan Honda Civic terbaru ini dipadu transmisi CVT. Tenaga yang dihasilkan mencapai 190 ps dengan torsi 242 Nm. Selain mesin baru ini, model berkapasitas 2.400 cc tanpa turbo juga dipertahankan untuk negara-negara yang masih membutuhkan.

Dengan sasis dan mesin baru tak cukup rasanya bila teknologi yang diusung tidak mengikuti perkembangan zaman. Untuk itu Honda menghadirkan teknologi unggulan yang dirangkum dalam Honda Sensing. Seperti  Collision-Mitigating Braking, Road-Departure Mitigation, Adaptive Cruise Control, dan Lane-Keeping Assist. Selain itu, juga hadir Blind-Spot Detection, Rear Cross-Traffic Monitor, dan juga Automatic Highbeam Headlights.

Akankah generasi kelima ini hadir tahun depan? Kita tunggu saja.


PERJALANAN LIMA GENERASI

Perjalanan hidup Honda CR-V di dunia sudah berjalan selama lebih dari 20 tahun hingga saat ini. Sudah lima generasi Medium SUV ini diproduksi Honda hingga model terbarunya diperkenalkan di Amerika pada pertengahan Oktober lalu.

Menggunakan platform Civic yang disulap menjadi crossover, nama CR-V yang dipilih Honda ini merupakan kependekan dari Compact Recreational Vehicle. Hingga saat ini, CR-V masih menjadi SUV Honda paling populer di dunia.

Berikut kisah Honda CR-V dari generasi ke generasi....

 

Halaman 1 2 3 4 5 6

EDITOR

andy

TERPOPULER

Top