Kamis,1 Sept 2016 13:00 WIB

Penulis: Hafiz Fauzan

CAR - exposed

Hyundai RM16 Concept Makin Serius

  • Foto: Hyundai

    Tampilan muka Hyundai RM16

  • Foto: Hyundai

    Tampilan muka frontal Hyundai RM16

  • Foto: Hyundai

    Buritan Hyundai RM16

Proyek Racing Midship (RM) dimulai sejak 2012, dibangun Hyundai sebagai bentuk keseriusan mereka terhadap mobil berperforma tinggi, yang nantinya ditasbihkan ke dalam divisi khusus bertajuk ‘N’.

Salah satu kreasi terbaru dari RM yang akhirnya kembali memanaskan ajang pameran bergengsi di negeri Ginseng tersebut adalah Hyundai RM16. Konsep hot hatch berbasis Hyundai Veloster ini, dikreasikan menjadi lebih beringas dengan konsep mid-engine berbalut sentuhan aura racing yang ekstrem dan sporty.

Dari segi dapur pacu, RM16 menggunakan mesin Theta 2.000 cc T-GDI 4 silinder plus turbocharger listrik. Dikombinasikan dengan sistem transmisi manual 6 percepatan, hot hatch konsep ini sanggup menghasilkan total tenaga 300 dk serta torsi 383 Nm. Impresif!

Seluruh panel bodi RM16 menggunakan material Carbon-Fiber Reinforced Plastic (CFRP), dimana pada bagian sasis terbuat dari aluminium berlapis carbon fibre. Karena bobot mobil ini ringan, distribusi bobot juga bisa diracik lebih mantap dengan 43% di bagian depan dan 57% di bagian belakang. Efek yang paling terasa dari pengaturan tersebut ialah handling yang lebih baik.
    
Agar kesan “racing” semakin kental, Hyundai pun tak ketinggalan menyematkan RM16 dengan fitur-fitur yang pastinya menunjang sang hot hatch dari segi performa. Beberapa fitur tersebut di antaranya adalah Electric Supercharger, Electronic Limited-Slip Differential, Electronically-Variable Exhaust System, dan Automatic Rear Spoiler.

EDITOR

andy

Top