Selasa,6 Sept 2016 11:00 WIB

Penulis: Hafiz Fauzan

GUIDE - car care

Jangan Lupa Rawat Bagian Kolong

  • Foto: Eki

    Undercarriage Detailing

  • Foto: Eki

    Undercarriage Detailing

  • Foto: Eki

    Undercarriage Detailing

  • Foto: Eki

    Undercarriage Detailing

  • Foto: Eki

    Undercarriage Detailing

  • Foto: Eki

    Undercarriage Detailing

  • Foto: Eki

    Undercarriage Detailing

  • Foto: Eki

    Undercarriage Detailing

Dalam ranah detailing dan car care, seringkali bagian kolong mobil masih tergolong jarang diperhatikan. Maklum saja, kebanyakan orang melihat tingkat “kebersihan” tampilan mobil berdasarkan bodi eksterior, dan jarang sampai memperhatikan bagian kolong mobil.

Sebenarnya banyak efek negatif yang akan terjadi jika kondisi kolong mobil tidak diperhatikan secara baik. Salah satunya ialah tumbuhnya karat akibat kontaminasi dari material lumpur maupun noda aspal.

“Jadi tingkat kotor di bagian kolong mobil biasanya merata sifatnya, baik di bagian depan maupun belakang mobil. Nah jika bagian ini lama tidak dibersihkan, maka ada efek samping timbul sisa dan karat keropos apabila terdapat kontaminasi noda yang sudah berat dan membandel,” terang Randy dari Gloss Factory, Jakarta Pusat.

Nah, salah satu workshop car detailing yang terletak di kawasan Salemba Tengah, Jakarta Pusat ini, menawarkan treatment khusus untuk merawat kebersihan kolong mobil. Treatment khusus tersebut dikemas dalam program undercarriage detailing.

“Undercarriage detailing sendiri tergolong masih jarang yang mengerjakannya. Kita sendiri menawarkan car care tersebut, karena secara visual pasti lebih enak dilihat dan kolong mobil terlihat lebih bersih. Untuk pengerjaan bisa dilakukan sekitar tiga jam, itupun untuk kondisi kolong yang sangat kotor, ” tambah Randy.

Perbedaan undercarriage detailing dengan proses cuci kolong mobil sangatlah signifikan. Undercarriage detailing mampu mengangkat noda kotor di kolong mobil secara signifikan, karena dilakukan secara lebih detil. Selain itu dari segi penggunaan material pengangkat noda yang digunakan pun berbeda dengan perawatan cuci kolong mobil biasa.

“Jadi untuk undercarriage detailing kita menggunakan obat dengan material khusus, yang bersifat merontokkan noda membandel seperti aspal maupun lumpur yang menguning. Kalau untuk noda yang biasa, kita pakai sabun colek, karena hitungannya sudah cukup kuat. Andai terdapat karat di bagian kolong mobil, kita biasanya amplas terlebih dahulu,” tambah Randy.

Untuk Anda yang ingin mengembalikan kondisi kolong mobil lebih bersih, Gloss Factory mematok harga standar Rp 1 juta hingga Rp 1,5 juta untuk melakukan treatment undercarriage etailing. Perbedaan harga tersebut dinilai berdasarkan ukuran mobil.

Bagaimana, berminat untuk mencobanya?

 

Tahapan Pengerjaan

TAK BISA DILAKUKAN SENDIRI

Untuk mensimulasikan treatment undercarriage detailing, dibutuhkan car lift untuk mengangkat mobil, sekaligus mempermudah teknisi untuk menjangkau bagian kolong mobil. Adapun alat dan bahan yang digunakan dalam car care kali ini adalah water cannon, kuas, sikat gigi, lap, dan sarung tangan microfiber. Selain itu siapkan juga sabun colek, dan obat khusus dari Gloss Factory. Berikut adalah tahap pengerjaan undercarriage detailing yang dilakukan Gloss Factory;

1.    Semprotkan air ke seluruh bagian kolong mobil menggunakan water cannon. Penggunaan water cannon mempermudah air menjangkau daerah tersulit di bagian kolong mobil dengan intensitas air yang cukup besar.
2.    Gunakan sabun colek untuk membersihkan kolong mobil dari noda kotoran berkontaminasi ringan maupun sedang. Usapkan sabun colek tersebut secara merata menggunakan sarung tangan microfiber.
3.    Bersihkan noda di bagian yang sulit dengan menggunakan sikat gigi. Material yang digunakan bisa berupa sabun colek, jika noda kotoran masih tergolong berkontaminasi ringan.
4.    Kini saatnya semprotkan obat khusus yang dimiliki Gloss Factory pada bagian kolong mobil yang memiliki kontaminasi noda tinggi. Kemudian usap secara perlahan cairan obat tersebut di bagian yang diinginkan menggunakan kuas.
5.    Keringkan bagian kolong mobil yang sudah bersih dengan menggunakan lap microfiber bersih.
6.    Selesai! Kini tampilan kolong mobil Anda jauh lebih bersih dan segar.
    
WORKSHOP:
GLOSS FACTORY
Jl. Salemba Tengah No. 66 Jakarta Pusat
Tlp. (021) 3908627

 

 

EDITOR

andy

Berita Terkait

Sabtu,1 Okt 2016 18:45 WIB

KUN Manado 2016

Jumat,23 Sept 2016 10:30 WIB

Toyota Sienta - Test Drive Review

Top