Kamis,1 Des 2016 17:00 WIB

Penulis: andy

CAR - exposed

Kenyamanan Premium Hyundai Grandeur

  • Foto: Hyundai

    Kenyamanan Premium Hyundai Grandeur

  • Foto: Hyundai

    Kenyamanan Premium Hyundai Grandeur

  • Foto: Hyundai

    Kenyamanan Premium Hyundai Grandeur

Cara Hyundai membangun pendekatan terhadap brand premium mereka ini mampu mengubah wajah brand mobil asal Korea Selatan ini. Terlebih melalui hadirnya sub-brand Genesis, Hyundai seolah ingin menonjolkan definisi kemewahannya menurut versi mereka sendiri, sekaligus mengusik brand-brand premium asal Jepang.

Sekalipun fokus Genesis akan dibuat menyasar segmen high-end, tapi di dalam tubuh Hyundai sendiri juga tersedia varian-varian yang dirancang premium. Tentu dengan segmentasi pasar yang lebih terjangkau dibandingkan Genesis. Salah satu varian yang berhasil merepresentasikan hal tersebut adalah All New Hyundai Grandeur.

Generasi keenam dari lini mid-size sedan Hyundai ini baru saja mengalami refreshment dengan menggunakan kode basis baru, IG. Diperkenalkan di kawasan Korea Selatan pada Oktober lalu, Grandeur menggunakan bahasa desain yang lebih segar dan atletis.

Kesan dramatis memang menjadi inti dari ubahan desain eksterior yang coba dikejar oleh desainer Hyundai. Bahasa desain fluidic sculpture 2.0 sangat terasa di guratan lekuk bodi khas coupe 4-door, dengan sedikit detil tambahan baru berupa ‘cascading grille’ yang pertama kali digunakan pada hatchback i30. Meskipun terasa lebih sporty, detil klasik Grandeur pada bagian taillight yang memanjang secara horizontal tetap dipertahankan.

Hyundai secara signifikan merombak bagian kabin mid-size sedan yang diproduksi sejak 1986 ini. Menganut konsep dual tone black-tan leather, kabin All New Hyundai Grandeur terasa lebih nyaman dan mewah. Terlebih jika memperhatikan area konsol tengah, dimana terdapat sebuah jam analog yang menemani layar sistem infotainment. Sistem ini pun tergolong canggih karena sudah dibekali Apple CarPlay dan Android Auto.

Lalu sosok jantung pacu apa yang akan bersemayam di ruang engine bay All New Hyundai Grandeur? Dari mesin bensin, Hyundai mempercayakan pilihan mesin Ceta II 2.400 cc GDi dan Ramda  3.000 cc GDi. Sedangkan untuk mesin diesel tersedia hanya satu pilihan mesin, yakni mesin R 2.200cc e-VGT CRDi.

Demi meningkatkan kenyamanan dan keselamatan berkendara, Hyundai melengkapi mobil ini dengan serangkaian fitur penting. Salah satunya adalah fitur Hyundai Smart Sense yang menyatukan beragam fitur keselamatan secara sistematis, seperti Autonomous Emergency Braking Aystem, Lane Keeping Assistance System, dan Advanced Smart Cruise Control System.

Hasil dari serangkaian teknologi dan fitur yang dimiliki All New Hyundai Grandeur, membuat pre-order mobil ini banyak diminati dan menjadi primadona di Korea Selatan. Terbukti sedan yang ditaksir berkisar di 30-40 juta won (antara Rp 346-462 jutaan) ini sudah mendapatkan pemesanan di Korea Selatan hingga 15.973 unit.
Apakah ia akan tersedia juga untuk pasar Indonesia? Mungkin hanya PT Hyundai Mobil Indonesia yang bisa menjawab pertanyaan ini.

 

EDITOR

andy

TERPOPULER

Top