Minggu,21 Agust 2016 11:21 WIB

Penulis: Aries Aditya Putra

CAR - first impression

KIA All New Sportage GT Line: Terus Berevolusi

  • Foto: Artha/CTG

    Tampak depan KIA All New Sportage GT Line

  • Foto: Artha/CTG

    Tampak belakang KIA All New Sportage GT Line

  • Foto: Artha/CTG

    Velg KIA All New Sportage GT Line

  • Foto: Artha/CTG

    Mesin KIA All New Sportage GT Line

  • Foto: Artha/CTG

    Dasbor KIA All New Sportage GT Line

  • Foto: Artha/CTG

    Bagian tengah dasbor KIA All New Sportage GT Line

  • Foto: Artha/CTG

    Kursi dengan pengaturan elektrik KIA All New Sportage GT Line

  • Foto: Artha/CTG

    Switch kontrol Kestabilan KIA All New Sportage GT Line

  • Foto: Artha/CTG

    Kursi penumpang depan KIA All New Sportage GT Line

  • Foto: Artha/CTG

    KIA All New Sportage GT Line headlamp

  • Foto: Artha/CTG

    Panel Instrumen KIA All New Sportage GT Line

  • Foto: Artha/CTG

    Panoramic roof KIA All New Sportage GT Line

  • Foto: Artha/CTG

    Lingkar Kemudi KIA All New Sportage GT Line

  • Foto: Artha/CTG

    Tuas Transmisi KIA All New Sportage GT Line

  • Foto: Artha/CTG

    Ruang bagasi KIA All New Sportage GT Line


Sportage yang merupakan salah satu SUV andalan Kia terus berevolusi. Semenjak kehadirannya di dunia pada 1993, generasi pertama ini akhirnya digantikan oleh Sportage generasi kedua pada 2004.

Di 2010, Sportage generasi ketiga benar-benar mengalami ubahan besar. Salah satu faktornya berkat hadirnya Peter Schreyer, sebagai tim desain Kia Motors. Sportage generasi ketiga juga menjadi mobil pertama Kia yang didesain oleh pria lulusan Royal Collage of Art, London ini.

Generasi penerus Sportage pun berlanjut dengan hadirnya All New Sportage di ajang Frankfurt Motor Show 2015. Untuk pasar Indonesia, Medium SUV ini dipastikan hadir pada pameran otomotif yang akan berlangsung di Agustus mendatang.

Namun sebelum itu PT KIA Mobil Indonesia (KMI) memperkenalkan Sportage terbaru dalam acara Buka Puasa Bersama, Kamis (23/6) lalu. Mobil yang didatangkan PT KMI merupakan varian tertinggi dari Sportage, yakni GT Line.

Berhubung masih dalam rangka perkenalan, belum diungkapkan spesifikasi persis dari Sportage generasi keempat yang dijual di Tanah Air. Bisa jadi ada fitur-fitur yang ditiadakan atau diganti dengan fitur lain untuk membuat Sportage mampu bersaing dengan para kompetitornya.

Desain All New Sportage kini tampil lebih dinamis. Medium SUV racikan Korea Selatan ini bahkan tampil layaknya mobil keluaran pabrikan Eropa. Sebenarnya hal ini wajar saja terjadi karena Peter Schreyer merupakan mantan desainer Audi dan Volkswagen Group.

Tampilan fascia depan tak menghilangkan ciri khas dari Kia lewat gril ‘Tiger Nose’. Empat buah LED di masing-masing sisi bumper difungsikan sebagai foglamp.
Tampilan buritannya tak kalah istimewa. Desain LED bar di lampu belakang membuat All New Sportage terlihat mewah. Sementara lampu mundur dan lampu tanda belok tetap dipertahankan di bawah pada bagian bumper.

Secara dimensi, mobil ini lebih panjang dibanding generasi sebelumnya sekitar 40 mm. Hal ini berkat wheelbase yang kini lebih melar 30 mm. Pengaruhnya, tentu ada pada kabin yang lebih luas.

Bicara interior, aura elegan langsung terpancar berkat warna beige yang mendominasi bagian kabin. Build quality pun terbilang baik. Banyak material soft panel yang diterapkan di mobil ini. Bahkan kalau melihat lingkar kemudi berdesain flat bottom dan tuas transmisi, mengingatkan saya akan mobil-mobil buatan pabrikan Jerman.
Beragam fitur juga sudah disematkan di mobil ini. terlihat dari panel tengah yang padat dengan tombol fitur. Mulai dari Drive Mode, parking sensor,k Hill Descent Control, hingga AC sistem digital.

Melihat ke bagian dapur pacu, terdapat tulisan DOHC 16V. Ini mengindikasikan kalau Sportage masih mempertahankan mesin lama yakni NU 2.0 D-CVVT yang memiliki tenaga 158 ps dan torsi 192 Nm. Mesin ini dipadukan transmisi otomatis 6-percepatan.

Sekadar informasi, untuk pasar Eropa dan Amerika Serikat, All New Sportage juga tersedia mesin diesel 1.998 cc turbocharger, dan mesin bensin kapasitas 1.591 cc dengan turbocharger yang dipadu transmisi dual clutch 7-percepatan.

Kita nantikan saja, spesifikasi seperti apa yang akan dipasarkan di Indonesia mulai Agustus mendatang.

 

KIA ALL NEW SPORTAGE GT LINE

Harga   mulai Rp 350 juta (estimasi)
Dimensi (PxLxT) 4.440 x 1.855 x 1.635 mm
Wheelbase 2.640 mm
Mesin     4 silinder D-VVTC , 1.998 cc
Tenaga maksimum 158 ps/6.500 rpm
Torsi maksimum 192 Nm/4.000
Transmisi     Otomatis 6-percepatan, FWD
Velg, ban  Alloy wheel, 245/45R19

 

  

 

EDITOR

andy

TERPOPULER

Top