Selasa,13 Sept 2016 15:45 WIB

Penulis: Aries Aditya Putra

CAR - first drive

Mitsubishi Mirage Eksplorasi Tampilan Baru

  • Foto: Andi Arsi

    Mitsubishi Mirage 2016

  • Foto: Andi Arsi

    Mitsubishi Mirage 2016

  • Foto: Andi Arsi

    Mitsubishi Mirage 2016

  • Foto: Andi Arsi

    Mitsubishi Mirage 2016

  • Foto: Andi Arsi

    Mitsubishi Mirage 2016

  • Foto: Andi Arsi

    Mitsubishi Mirage 2016

  • Foto: Andi Arsi

    Mitsubishi Mirage 2016

  • Foto: Andi Arsi

    Mitsubishi Mirage 2016

  • Foto: Andi Arsi

    Mitsubishi Mirage 2016

  • Foto: Andi Arsi

    Mitsubishi Mirage 2016

Sejak pertama kali diluncurkan tahun 2012, Mitsubishi Mirage tak banyak mengalami ubahan berarti. Paling tidak hanya keluar varian baru yakni Mirage Sport yang diberi tambahan add-on body kit. Baru tahun ini hatchback berparas mungil ini disulap menjadi lebih sporty. Padahal para insinyur Mitsubishi hanya menyegarkan desain dari bumper depan dan belakang saja.

Yup, sektor luar memang cukup banyak ubahan yang membuatnya tampil jauh lebih sporty. Desain bumper depan terlihat lebih stylish dengan gril berukuran besar. Begitu juga desain airdam yang kini lebih melebar. Tak hanya itu, untuk menyempurnakan tampilan depan, kap mesin desain baru juga disematkan.

Desain bumper belakang kini juga mengalami refreshment. Bentuk bumper lama yang terkesan simpel kini dibuat lebih berkarakter sekaligus memberikan efek lebar di belakang. Oh ya, bumper terbaru ini juga terdapat reflektor yang diposisikan dekat sensor mundur.

Rupanya tak hanya bagian luar yang alami penyegaran, interior pun kini terlihat lebih dinamis meski secara desain tak banyak berubah. Dasbor tak lagi menggunakan aksen two tone, semuanya menggunakan warna gelap hingga ke bagian bawah. Meski secara bentuk tak ada perubahan, namun New Mirage kini disematkan panel warna pianno black pada lingkar kemudi. Aksen hitam juga bisa Anda temukan pada panel power window dan juga konsol tuas transmisi.

Tampilan jok kini jadi lebih dinamis berkat lapisan baru berwarna hitam putih. Perbedaan paling mencolok yakni ada di bagian jok belakang, selain jok yang kini bisa dilipat 40:60, semua posisi duduk sudah tersedia seatbelt 3 titik serta sandara kepala.

Demi menambah kenyamanan, Mitsubishi telah mengembangkan sektor power steering. Saat kami membandingkan dengan varian lama, lingkar kemudi di New Mirage ini jauh lebih ringan saat diputar. Tentunya sangat membantu ketika Anda dihadapkan pada kondisi parkir.

Selain power steering, New Mirage juga mendapatkan jatah suspensi baru. Sebab pada Mirage sebelumnya memang suspensi bagian belakang sangat lembut yang berefek pada guncangan berlebih ketika bermanuver. Namun kami akan menjelaskan lebih lanjut impresinya pada saat sesi test drive.

Sayangnya tak ada ubahan berarti pada sektor dapur pacu. Mobil berwarna Wine Red Pearl ini tetap mempertahankan mesin 3 silinder DOHC berteknologi MIVEC yang sanggup menghasilkan tenaga 77,5 ps serta torsi di angka 100 Nm. Tenaga mesin disalurkan melalui Continous Variable Transmission (CVT) ke roda depan.

Mitsubishi akan mengumumkan harga pastinya saat pameran berskala international di BSD, awal Agustus mendatang. Bocorannya kisaran harga New Mirage yang tersedia dalam 5 pilihan warna ini dijual mulai Rp 175-195 juta. Wah, bisa jadi rival seru Honda Brio RS nih.

 

MITSUBISHI NEW MIRAGE EXCEED

Harga     Rp 195 Juta (estimasi)
Dimensi (PxLxT)  3.795 x 1.665 x 1.510 mm
Wheelbase     2.450 mm
Mesin    3 silinder DOHC MIVEC, 1.193 cc
Tenaga maksimum 77,5 ps /6.000 rpm
Torsi maksimum 100 Nm/4.000 rpm
Transmisi INVECS III CVT, FWD
Velg, ban Alloy wheel, 175/55 R 15

 

EDITOR

andy

Top