Rabu,19 Okt 2016 13:17 WIB

Penulis: Rahmat Hirnomo

GUIDE - do it yourself

Mudah dan Murah Atasi Velg Grepes Jadi Mulus

  • Foto: Rahmat Hirnomo

    Mudah dan Murah Atasi Velg Grepes Jadi Mulus

  • Foto: Rahmat Hirnomo

    Mudah dan Murah Atasi Velg Grepes Jadi Mulus

  • Foto: Rahmat Hirnomo

    Mudah dan Murah Atasi Velg Grepes Jadi Mulus

  • Foto: Rahmat Hirnomo

    Mudah dan Murah Atasi Velg Grepes Jadi Mulus

  • Foto: Rahmat Hirnomo

    Mudah dan Murah Atasi Velg Grepes Jadi Mulus

  • Foto: Rahmat Hirnomo

    Mudah dan Murah Atasi Velg Grepes Jadi Mulus

Tuning pada mobil kesayangan memang mampu menguatkan karakter pemiliknya. Berbagai tema dress up pun sudah banyak diaplikasikan, biasanya mengacu pada aliran yang pernah populer dengan beberapa perubahan, atau tren di negara lain yang biasa menjadi pusat perhatian di dunia seperti Jepang dan Amerika. 

Bagian yang paling sering diubah dalam melakukan dress up adalah velg, karena penggantian velg akan memberi efek yang signifikan terhadap penampilan mobil. Penggantian velg dalam rangka dress up ini biasanya terbagi dalam dua golongan besar, yaitu penggunaan harian atau aplikasi ekstrem untuk keperluan kontes, show, atau untuk mobil yang hanya digunakan sekali-sekali. 

Salah satu aliran dalam modikasi kaki-kaki adalah gaya stance yang semakin populer dengan berbagai pilihan velg baru yang tersedia. Salah satu cirinya adalah penggunaan velg dengan bibir lebar atau biasa disebut celong. 

Idealnya, aliran ini diaplikasi di daerah dengan kondisi jalan yang rata dan mulus. Masalahnya hanya sedikit kondisi jalan di Tanah Air yang mulus tanpa kerusakan. Sebagian besar jalan di Indonesia ‘tidak bersahabat’ dengan adanya lubang atau gundukan yang tidak seharusnya. 

Itu sebanya sudah tidak aneh jika kondisi pelek dengan bibir celong tadi sulit dipertahankan kemulusannya. Velg mudah sekali terkena benturan batu batu atau beradu dengan pinggiran lubang dan trotoar. Akibatnya velg menjadi cacat alias grepes. 

Jika kerusakan sudah parah, Anda terpaksa harus membawanya ke workshop spesialis reparasi velg untuk direkondisi. Malahan kerap terjadi velg sudah tak bisa diselamatkan. Namun jika gesekan yang terjadi tidak terlalu parah, kerusakan berupa baret atau ‘grepes’ yang terjadi juga tidak terlalu dalam. 

Nah, untuk kerusakan seperti ini, Anda bisa memperbaikinya sendiri. Karena perbaikan ini tak terlalu memakan waktu, selain itu peralatannya yang dibutuhkan juga relatif sederhana – hanya menggunakan kikir dan ampelas dengan berbagai tingkat kekasaran. 

Pertama-tama gosok luka pada bibir velg dengan kikir. Gosok perlahan-lahan hingga menghilangkan coakannya. Lakukan berulang-ulang hingga bagian yang rusak tadi cukup rata dengan pinggiran (bibir) velg yang masih normal. Setelah itu dengan menggunakan ampelas kasar, gosoklah bagian yang telah dikikir tadi hingga terlihat lebih halus dan rata dengan permukaan bibir velg. 

Jika coakan tadi sudah dipastikan hilang dan telah rata dengan bibir pelek yang normal, tahapan berikutnya adalah penghalusan dengan ampelas. Lakukan secara bertahap dari ampelas kasar hingga ampelas halus. Misalnya dimulai dengan ampelas berkode 240 yang kasar, setahap-demi setahap semakin halus, hingga ampelas halus bernomor 2000. Guratan-guratan kasar akibar gesekan bahan pelek dengan ampelas kasar sebelumnya akan hilang dengan sendirinya seiring digunakannya ampelas sangat halus. 

Tahap terakhir tuntaskan dengan krim batu hijau. “Produk ini bisa dibeli di supermarket atau toko bahan bangunan. Aplikasikan krim dengan menggosoknya menggunakan kain kasar seperti bahan jeans. Lakukan tahap akhir ini minimal 3 kali, hasilnya akan lebih halus dan mengilap,” jelas Budi, salah satu member Brio Project Indonesia asal Bandung yang biasa melakukan perbaikan ini sendiri. 

Selain efisiensi biaya, langkah-langkah perbaikan yang relatif mudah dan bisa dilakukan sendiri ini niscaya akan membuat Anda berhati-hati setelahnya. 

Selamat mencoba! 

EDITOR

andy

Top