Jumat,21 Okt 2016 14:00 WIB

Penulis: andy

TUNING - guide

Piggyback Terjangkau Untuk Harian Hingga Fun Sport

  • Foto: Rahmat Hirnomo

    Piggyback Terjangkau Untuk Harian Hingga Fun Sport

  • Foto: Rahmat Hirnomo

    Piggyback Terjangkau Untuk Harian Hingga Fun Sport

  • Foto: Rahmat Hirnomo

    Piggyback Terjangkau Untuk Harian Hingga Fun Sport

Sebuah workshop di kawasan Cipedes Bandung bernama Ditech Injection milik Dikwan Irawan ini bisa menjadi salah satu rujukan bagi Anda yang membutuhkan produk piggyback untuk mobil injeksi. Di bengkel ini Anda bisa mendapatkan produk bernama piggyback Ditech. 

Dikwan menerima semua jenis kendaraan, baik dari pabrikan Asia maupun Eropa. Khusus untuk mobil, piggyback Ditech dibuat universal. “Awalnya saya buat tidak universal karena pertimbangan range data yang berbeda-beda untuk setiap pabrikan. Namun supaya lebih menguntungkan pelanggan, produk ini kami upgrade supaya bersifat universal dan bisa dipindah-pindah ke mobil lain. Free maintenance dan lebih user friendly,” buka Dikwan. 

Peranti penambah tenaga asal Bandung ini bekerja dengan memanipulasi data sensor air flow (MAP/MAF/Carman Vortex atau Flap) dan throttle postion sensor (TPS) . Untuk pemasangannya tidak terlalu rumit, namun Anda perlu memotong kabel agar bisa mengambil sinyal dari mulai TPS, sensor map dan sensor oksigen. 

Produk ini cocok digunakan untuk pemakaian harian hingga fun race pemula, sebab mapping-nya dirancang mulai putaran mesin di bawah 3.000 rpm. Penggunaan harian memang lebih banyak di rentang itu. Setelah terpasang, Dikwan mengklaim produknya tak perlu diatur melalui komputer karena bisa langsung digunakan. 

Piggyback Ditech dipasarkan seharga Rp 1,5 juta untuk semua tipe mobil. Apakah pemasangan perangkat ini menyulitkan untuk klaim garansi? Menurut Dikwan hal ini tergantung pihak APM. “Kemarin kawan-kawan dari Nissan Datsun Club Indonesia aman-aman saja. Soalnya belum pernah ada gara-gara piggyback merusak sensor dan ecu, kecuali human error,” jelas pehobi motor sport ini. 

Namun Dikwan mewanti-wanti pemasangannya. Sangat disarankan agar pemasangan dilakukan oleh teknisi yang berpengalaman, salah satunya didiagnosa dengan scanner sistem injeksi sebelum dan sesudah pemasangan. 

“Walaupun telah dimanipulasi dengan piggyback, jangan sampai muncul error karena data yang dibutuhkan ECU tidak sesuai. Sebelum pemasangannya pun harus kita pastikan tidak ada error, supaya pelanggan mengerti dengan kondisi awal mobilnya. Salah satu indikasi kalau ada error pada sensor atau sistem injeksi adalah lampu indikator engine check akan menyala,” tambah Dikwan. 

Selain di Bandung produk ini juga bisa ditemukan di rekanan lain di luar kota seperti di Manado, Makassar, Balikpapan, Batu Licin, Samarinda, Yogyakarta, Solo, Bali, dan Surabaya. 

Ditech Injection 
Jl. Cipedes Tengah 196 
Bandung 
Telp. (022) 2011428, 08122344848 
www.facebook.com/ditechinjection
http://www.ditechinjection.com/

 

EDITOR

andy

Top