Senin,29 Agust 2016 11:16 WIB

Penulis: Hafizh Fauzan

CAR - exposed

Proton Perdana Facelift, Hanya Dijual di Malaysia

  • Foto: Proton

    Tampak depan Proton Perdana

  • Foto: Proton

    Pilihan warna Proton Perdana

Proton Perdana, sebuah sedan premium yang kini memasuki generasi kedua hadir dalam versi facelift, dimana Proton tetap menggunakan Honda Accord generasi kedelapan sebagai basisnya.

Dengan dimensi bodi 4.999 x 1.870 x 1.450 mm (panjang x lebar x tinggi), Perdana diklaim menjadi varian sedan terpanjang di kelasnya. Secara desain, Perdana facelift tampil mengusung desain aerodinamis dengan lekuk sporty nan elegan. Kesan tersebut terpancar berkat penggunaan “Proton Wings” di bagian gril, velg alloy dual tone 17 inci, HID Projector + Automatic LED Daytime Running Light, serta LED Rear Combi Lamp.

Pada sektor interior, Perdana terlihat sangat identik dengan Accord generasi kedelapan, terutama di dasbor. Meski demikian, head unit Perdana sedikit lebih baik berkat PROTON Infotainment System dan GPS Navigation di layar sentuh berukuran 6,2 inci. Jok pengemudi sudah menganut 8-way electric adjustment, dual zone climate control, dan 4 airbag.

Proton menghadirkan dua pilihan mesin untuk Perdana, yakni 1.997 cc SOHC 4 silinder PGM-FI bertenaga 154 dk, serta 2.354 cc DOHC 4 silinder PGM-FI yang sanggup menghasilkan tenaga puncak 178 dk. Semua mesin hadir dengan transmisi otomatis 5-percepatan, plus paddle shift untuk varian tertinggi.

Meski di atas kertas terlihat meyakinkan untuk sebuah sedan medium, namun Proton ternyata hanya bisa memasarkan Perdana di pasar domestik Malaysia saja. Pasalnya, Proton hanya memiliki kapasitas produksi Perdana sebanyak 7.000 unit per tahun, serta berdasarkan kerjasama dengan Honda mengharuskan Perdana tidak boleh diekspor ke negara manapun.

EDITOR

andy

Top