Jumat,26 Agust 2016 10:00 WIB

Penulis: Iman Firman

TUNING - cars

Subaru BRZ M/T 2013 : Akibat Panas Hati

  • Foto: Iman Firman

    Tampak muka SUBARU BRZ MT 2013

  • Foto: Iman Firman

    Buritan SUBARU BRZ MT 2013

  • Foto: Iman Firman

    Front lips carbon SUBARU BRZ MT 2013

  • Foto: Iman Firman

    Side skirt custom SUBARU BRZ MT 2013

  • Foto: Iman Firman

    Rear spoiler SUBARU BRZ MT 2013

  • Foto: Iman Firman

    Knalpot custom SUBARU BRZ MT 2013

  • Foto: Iman Firman

    Coilover KW V3 SUBARU BRZ MT 2013

  • Foto: Iman Firman

    Velg Rays Gramlight 18x8+9 inci dibalut ban Accelera 235/40R18

  • Foto: Iman Firman

    Interior SUBARU BRZ MT 2013

  • Foto: Iman Firman

    Panel dasbor carbon SUBARU BRZ MT 2013

  • Foto: Iman Firman

    Indikator boost diletakkan pada lubang AC sebelah kanan SUBARU BRZ MT 2013

  • Foto: Iman Firman

    Strutbar Cusco pada ruang mesin SUBARU BRZ MT 2013

  • Foto: Iman Firman

    Supercharger Kraftwerks dengan blower Rotrex SUBARU BRZ MT 2013

  • Foto: Iman Firman

    SUBARU BRZ MT 2013 in action...

Dari awal membeli Subaru BRZ, sang pemilik bernama lengkap Alexander Setiawan ini sudah berniat untuk menjadikannya sebagai ‘mainan’ hingga ia bosan nanti. “Saya anggap mobil ini sebagai penghilang rasa jenuh dan stres, dan mudah-mudahan nanti anak saya juga bisa ikutan senang modifikasi mobil juga,” ujar Alex, sapaan akrabnya.

Di awal modifikasi, Alex hanya melakukan ubahan ringan saja. “Tahapnya masih natural aspirated, itu juga enggak berat kok modifikasinya,” ujarnya lagi. Kemudian ia bergabung dengan komunitas [SpeedLoverZ] yang aktif melakukan morning run di hampir setiap Minggu pagi. Justru dari sanalah arah modifikasinya jadi berubah.

“Rupanya modifikasi N/A saya tidak ada apa-apanya dibandingkan mobil milik temen-teman di komunitas. Saya diasapi terus. Hahaha,” gelak pria berkacamata ini. Awalnya masih bisa terima namun lama-lama Alex panas juga. “Akhirnya saya ngobrol dengan Ongky yang sudah lebih dulu memodifikasi Toyota 86 miliknya. Akhirnya dikasih opsi pasang supercharger ini,” cerita Alex.

Boks 1:
Supercharger Kraftwerks
Setelah mengobrol dengan Ongky, mobil ini pun langsung dikirim ke bengkel CPNK di kawasan Jakarta Timur untuk dibedah. Satu perangkat supercharger Kraftwerk C30 sudah dipesan dan menunggu untuk dipasang ke coupé bermesin boxer ini. Dengan menggunakan blower Rotrex akhirnya supercharger ini pun terpasang dengan boost 8,5 Psi.
Untuk membantu pendinginan oli dipasang oil cooler dari Kraftwerks juga, sedangkan filter oli pakai produk HKS. Agar sisa uap oli tidak terbuang maka dipasang oil catch tank Greddy. Lalu untuk busi dipakai HKS Iridium. Lalu terakhir dipasang knalpot custom sampai belakang. Hasil akhirnya saat ini power mesin naik jadi 200 whp.
Masih diasapin enggak nih? “Nah, sekarang sudah mulai bisa ngejar nih. Hahaha,” gelaknya. Hati-hati ya!

Boks 2:
Pasang Velg Jepang Dan Coilover
Untuk velg dan kaki-kaki Alex memasang Rays Gramlight 18x8+9 inci dengan balutan ban Accelera ukuran 235/40R18. Agar lebih stabil dipasang coilover KW Suspension V3 yang sudah terbukti bisa meningkatkan handling jadi lebih baik dan juga bisa setting tinggi-rendahnya.
Berhubung power mesin sudah meningkat, maka sektor pengereman juga ditingkatkan. Big brake kit Buddy Club 6 pot 355 mm untuk depan dan 4 pot 330 mm untuk belakang pun segera dipasang. “Sekarang remnya jadi lebih yakin dan lebih cepat,” serunya dengan nada bangga.

Boks 3:
Aksesori Pelengkap
Sebagai akesori pelengkap, pemukim di daerah Cengkareng, Jakarta Barat, ini menambahkan front lips carbon fibre dan side skirt custom. Di interior ia memasang panel serat karbon di dasbor agar terlihat lebih sporty. “Saya memang tidak mau lansgung pasang semua, supaya masih ada kesibukan memodifikasi mobil ini terus. Hehehe,” kekehnya.

DATA DRESS UP

Supercharger Kraftwerks
Blower Rotrex
Oil cooler Kraftwerk
Filter oli HKS
Busi HKS Iridium
Oil catch tank Greddy
Strutbar Cusco
Velg Rays Gramlight 18x8+9 inci
Ban Accelera 235/40R18
Coilover KW V3
Knalpot custom
Front lips carbon
Side skirt custom
Panel dasbor carbon

 

EDITOR

andy

Top