Selasa,13 Sept 2016 14:30 WIB

Penulis: Aries Aditya Putra

CAR - first impresion

Suzuki Kembali Ramaikan Pasar Crossover dengan SX4 S-Cross

  • Foto: Rusli Ilfan

    Suzuki SX4 S-Cross

  • Foto: Rusli Ilfan

    Suzuki SX4 S-Cross

  • Foto: Rusli Ilfan

    Suzuki SX4 S-Cross

  • Foto: Rusli Ilfan

    Suzuki SX4 S-Cross

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sebelumnya sudah mengatakan akan meluncurkan satu model baru di pameran internasional pertengahan Agustus mendatang. Dan bisa kami pastikan model baru tersebut adalah generasi penerus dari SX4 yakni S-Cross. Keyakinan kami semakin tergambar jelas saat kami melihat sosoknya sedang dalam proses pembuatan Television Commercial (TVC).

Jika diperhatikan sosoknya, mobil ini tampak tak ada bedanya seperti yang diluncurkan di India. Karakter khas mobil crossover diperlihatkan melalui balutan bahan plastik kulit jeruk di sekujur bodi bagian bawah. Mulai dari bumper depan, fender, pintu samping, hingga ke bagian buritan.

Menguatkan aura sporty, terlihat juga mobil yang akan menjadi rival Nissan Juke, Chevrolet Trax, dan Honda HR-V ini ditambahkan aksen silver di beberapa bagian. Hal serupa juga coba dituangkan pada roof rail yang kini rata dengan atap.

Dari unit yang kami lihat, tampak jelas kalau lampu utama sudah mengandalkan proyektor. Bisa jadi lampu utama ini sudah menggunakan teknologi HID sama seperti pendahulunya. Di bawah lampu proyektor terdapat barisan LED memanjang. Bisa jadi ini merupakan lampu kota atau DRL (Daytime Running Light). Tombol hitam di tuas pintu membuat kami bisa memastikan kalau mobil ini sudah memanfaatkan fitur keyless entry.

Bila dilihat dari samping, sekilas dimensinya lebih besar dibanding pendahulunya. Jika dibandingkan spesifikasi yang beredar di India dengan SX4 sebelumnya memang ada perbedaan. S-Cross lebih panjang 165 mm. Begitu juga dengan wheelbase yang kini lebih panjang 100 mm.

Velg berdesain sedikit tertutup diberi sentuhan warna abu-abu gelap. Tentunya membuat velg ini jadi tidak mudah terlihat kotor. Di balik kempat roda ini terlihat kalau S-Cross memanfaatkan rem cakrak di keempat rodanya.

Desain tampak belakang pun tak ada beda dengan versi India, lampu belakang memiliki ukuran yang cukup besar. Sayangnya belum memanfaatkan teknologi LED. Masih di bagian buritan, terlihat kalau S-Cross sudah dibenamkan empat buah sensor parkir untuk memudahkan ketika parkir mundur.

Sayangnya kami belum bisa melihat tampilan interior dari mobil ini. Begitu juga dengan spesifikasi mesin yang digunakan. Prediksi kami, S-Cross bakal tetap mempertahankan mesin M15A berkapasitas 1.490 cc yang mampu menghasilkan tenaga 100 ps serta torsi 133 Nm.

Untuk lebih jelasnya, kami akan coba sesi first driveSuzuki New SX4  S-Cross ini di edisi mendatang.

SUZUKI NEW SX4 S-CROSS A/T

Harga Rp 250 Juta (estimasi)
Dimensi (PxLxT) 4.300 x 1.765 x 1.590 mm
Wheelbase     2.600 mm
Mesin     4 silinder DOHC VVT, 1.490 cc
Tenaga maksimum 100 ps /6.000 rpm
Torsi maksimum 133 Nm/4.000 rpm
Transmisi     Otomatis 6-percepatan, FWD
Velg, ban Alloy wheel, 205/60 R 16

EDITOR

andy

Top