Jumat,2 Sept 2016 20:45 WIB

Penulis: Hafiz Fauzan

GUIDE - tuning

Tingkatkan Keamanan Mobil dengan Meningkatkan Fitur Alarm

  • Foto: Rusli Ilfan

    Tambah fitur alarm

  • Foto: Rusli Ilfan

    Kelengkapan alarm No Doubt

  • Foto: Rusli Ilfan

    Alarm dapat menelpon ponsel Anda jika mobil dibobol

  • Foto: Rusli Ilfan

    Alarm No Doubt dapat terkoneksi ke ponsel melalui Apps

  • Foto: Rusli Ilfan

    M5+ untuk meningkatkan keamanan mobil

Banyak teknologi dikembangkan oleh pabrikan otomotif untuk membuat mobil lebih aman dari aksi pencurian. Sebut saja hadirnya pengaman mobil seperti Keyless Go, Smart Key, dan immobilizer yang menjanjikan kemampuan lebih baik dalam menjaga mobil dari aksi tangan-tangan jahil pencuri.

Kendati demikian, dalam kondisi sehari-hari masih saja ditemui aksi pencurian di mobil yang justru terlihat semakin mudah, bahkan tak terdeteksi oleh sang pemilik. Alhasil barang bawaan yang tersimpan di dalam kendaraan, atau bahkan mobil itu sendiri tetap memiliki risiko yang tinggi untuk dicuri. Mengapa hal ini masih bisa terjadi di saat teknologi keamanan mobil sudah semakin canggih?

“Jadi ATPM itu saat ini kecenderungannya membuat peralatan keamanan yang berifat memudahkan pengguna dalam akses keluar-masuk mobil, maupun menyalakan mobil itu sendiri. Sayangnya terkadang ada ATPM yang tidak menyertakan sistem pengaman tambahan, sehingga pengguna mobil memasang fitur tambahan alarm yang memiliki sifat add-on dan didukung sensor-sensor yang mampu meningkatkan keamanan mobil,” terang Sumiyati, Koordinator Sales workshop Custom Car Alarm Specialist (CCAS).

Dari sekian banyak produk alarm yang beredar di pasaran, workshop CCAS punya satu produk jagoan yang bisa menjadi solusi terbaik untuk meningkatkan keamanan mobil Anda. Produk tersebut adalah Megaguard M5+ (baca: M5 Plus, red.) dari brand M-Guard.
 
Secara sederhana, sistem Megaguard M5+ sudah didukung fitur alarm mobil yang akan aktif menyalakan bunyi sirene berdasarkan pergerakan di sensor getaran, sensor suara, dan sensor pintu, serta sensor ruangan yang merupakan opsi tambahan. Keseluruhan sensor tersebut akan terkoneksi dengan modul alarm yang sudah didukung Microprocessor Controlled Circuit.

“Masing-masing sensor yang ada di Megaguard M5+ memang difungsikan untuk saling mendukung satu sama lain dan memberikan keamanan lebih baik kepada mobil. Seperti contoh, jika dalam satu kasus ada pencuri yang berhasil memecahkan kaca tanpa terdeteksi sensor getaran, maka saat gerakan badan masuk ke dalam ruangan kabin mobil dan mengganggu sistem gelombang panas di dalam mobil sehingga alarm pun aktif dengan memberikan tanda peringatan berupa bunyi sirene ,” tambah Sumiyati.

Di samping fitur tersebut, Megaguard M5+ juga sudah tersemat sistem anti-starter untuk mobil non-immobilizer yang memastikan mobil tidak akan bisa dihidupkan jika dalam dibajak oleh maling.

Menariknya lagi, modul alarm Megaguard M5+  mampu membaca sinyal pemancar dari remote kunci standar pabrikan atau remote keyless, meskipun dalam paket bawaan sudah disediakan remote khusus untuk buka/tutup kunci alarm. Sehingga bisa dipastikan sistem alarm ini kompartibel dan tidak akan mengganggu sistem keamanan standar pabrikan mobil itu sendiri.

Nah, jika Anda penasaran dan ingin mencoba memasang Megaguard M5+ di mobil Anda, ada baiknya Anda langsung berkunjung ke workshop CCAS di bilangan Radio Dalam, Jakarta Selatan.

Produk M-Guard Megaguard M5+ membutuhkan waktu pemasangan selama 2-3 jam, dan bisa didapat secara langsung dengan kisaran harga Rp1,2 jutaan (opsi tambahan sensor ruangan Rp300 ribu) dengan garansi pemasangan di CCAS selama 1 tahun, serta garansi produk hingga 5 tahun.

Sistem Alarm “Cerdas” Berkat Smartphone

Perkembangan teknologi berbasis smartphone semakin menjadi hits dalam beberapa tahun terakhir. Tak terkecuali sistem keamanan mobil pun kini semakin canggih berkat hadirnya aplikasi smartphone yang mampu mengakomodasi kebutuhan keamanan mobil secara real-time.
 
Salah satu produk alarm yang menggunakan basis apps smatphone di pasaran saat ini adalah No Doubt Smart Control. Produk terobosan dari PT Rima Tip Top ini memiliki banyak sekali fitur menarik, seperti alarm, immobilizer, GPS tracker, anti hijacking, start/stop engine by remote or handphone, dan masih banyak lagi fitur menarik lainnya.
 
Untuk satu produk alarm “pintar” ini bisa didapat di pasaran dengan harga normal berada di kisaran Rp6,6 Juta dengan garansi resmi mencapai 3 tahun. Jadi, pilih menggunakan alarm konvensional atau alarm “pintar” dengan teknologi smartphone ini? The choice is yours..

 

EDITOR

andy

Top