Senin,10 Okt 2016 14:30 WIB

Penulis: Hafiz Fauzan

TUNING - guide

Ubah Setir All New Kijang Innova

  • Foto: Artha/CTG

    Ganti Setir All New Kijang Innova

  • Foto: Artha/CTG

    Ganti Setir All New Kijang Innova

  • Foto: Artha/CTG

    Ganti Setir All New Kijang Innova

  • Foto: Artha/CTG

    Ganti Setir All New Kijang Innova

  • Foto: Artha/CTG

    Ganti Setir All New Kijang Innova

  • Foto: Artha/CTG

    Ganti Setir All New Kijang Innova

Ada banyak alasan mengapa saat ini mulai marak tren mengubah setir standar di pengguna Kijang Innova generasi lama. Di satu sisi yang mengejar kenyamanan kala menggenggam setir, ada yang mengejar sisi sport, atau ingin mengoperasikan fitur-fitur canggih yang bisa dioperasikan melalui multifunction steering wheel.

Salah satu contohnya ialah Robby, member Innova VVT-i Community (IVC) yang berhasil mengubah setir lama Kijang Innova G lansiran 2008 miliknya dengan setir All New Kijang Innova. Menurut penuturannya, setir All New Kijang Innova memiliki kelebihan tersendiri ketimbang setir sebelumnya.

“Enaknya setir All-New Kijang Innova itu tombol multifungsinya jauh lebih lengkap dibandingkan Kijang Innova lama, sama materialnya itu lebih enak dan jauh lebih grip pas digenggam. Tapi berhubung mobil saya gak pakai Multi Information Display, jadi tombol yang seharunsya buat MID di setir saya setting ke audio, sebatas menu yang head unit bisa terima. Intinya sih kalau mau semua tombol aktif, kudu disetting kelistrikannya,” jelasnya.

Nah, tren ini sendiri semakin menggeliat kala banyak reseller yang mulai memasarkan part setir All-New Kijang Innova, baik melalui jalur media e-commerce maupun media workshop. Salah satu reseller yang berhasil menjalankan kedua hal tersebut ialah Dion Rangga dari workshop Spec Rere Item di Mega Glodok Kemayoran, lantai 6, blok E9.

Menurut pengakuannya, tren penggunaan setir Kijang Innova sudah bergeser dari setir Camry dan Fortuner lama, ke setir All-New Kijang Innova. “Setir All-New Kijang Innova sekarang sudah semakin canggih, makanya banyak yang mulai berminat mengganti setir Kijang Innova lama dengan yang baru ini. Semua setir saya dapat merupakan setir OEM dari lelang Toyota, ada juga build-up dari Thailand, jadi hitungannya barang baru dan bisa dijamin kualitasnya sama seperti asli,” terang Dion Rangga.

Nah, sebelum Anda langsung bergegas mengubah setir lama Anda dengan setir All-New Kijang Innova, ada baiknya Anda memperhatikan terlebih dahulu beberapa hal berikut ini.

 
Wajib Perhatikan Kabel Spiral Setir

Peranti kabel spiral tergolong paling krusial dalam urusan mengkoneksikan fitur di setir dan sistem kelistrikan mobil. Jia setir Kijang Innova lama memiliki kabel spiral dengan dua slot pin (airbag dan klakson), untuk generasi terbaru slot pin di kabel spiral pun bertambah dengan hadirnya slot pin untuk tombol-tombol di setir.

Jika Kijang Innova Anda sebelumnya memiliki setir dengan fitur hanya klakson dan airbag, maka diperlukan kabel spiral baru yang mampu mengakomodir penggunaan tombol di kemudi. Adapun satu set kabel spiral dengan tiga slot pin (airbag, klakson, tombol audio) dijual di Spec Rare Item dengan harga sekitar Rp 750 ribu.

 
Setir Versi Ekspor Lebih Canggih

Workshop ini menyediakan beberapa tipe setir All New Kijang Innova, dimana salah satu tipe yang paling diminati adalah tipe Q versi versi ekspor untuk pasar Thailand. Selain karena terdapat wooden panel pada lingkar kemudi, setir ini pun merupakan sudah dilengkapi dua tombol paddle shift di bagian belakang setir. Untuk satu setir ini, Dion Rangga mematok harga sekitar Rp 6 jutaan saja.

“Sebenarnya untuk mengaktifkan paddle shift harus di lihat dulu di mobilnya ada fitur paddle shift tidak. Kalau ada pasti bisa diaktifkan, kalau enggak ya kita nyerah karena gak mungkin buat mengaktifkan paddle shift di mobil yang tidak support,” jelas Dion.

 
Mau Pakai Setir All-New Fortuner? Bisa!

Nah, jika Anda merasa desain panel setir All-New Kijang Innova terlalu besar dan kurang cocok untuk Anda, Spec Rare Item pun menyediakan setir All-New Fortuner tipe VRZ yang bisa menjadi pilihan Anda. Selain tombol fitur di setir memiliki kesamaan dengan All-New Kijang Innova, setir untuk produksi All-New Fortuner versi domestik pun dibanderol lebih terjangkau, yakni sekitar Rp 5 jutaan saja.

Jadi pilih mana, mengganti setir Kijang Innova lama Anda dengan All New Kijang Innova atau All New Fortuner?

 

EDITOR

andy

Top