Rabu,30 Nov 2016 13:27 WIB

Penulis: andy

TUNING - guide

Upgrade MZD Connect

  • Foto: Artha/CTG

    Upgrade Mzd Connect

  • Foto: Artha/CTG

    Upgrade Mzd Connect

  • Foto: Artha/CTG

    Upgrade Mzd Connect

  • Foto: Artha/CTG

    Upgrade Mzd Connect

  • Foto: Artha/CTG

    Upgrade Mzd Connect

  • Foto: Artha/CTG

    Upgrade Mzd Connect

  • Foto: Artha/CTG

    Upgrade Mzd Connect

Sistem infotainment MZD Connect dari Mazda bisa dikategorikan sebagai sistem infotainment paling intuitif yang dilansir oleh brand mobil keluaran Jepang. Tak jarang MZD Connect menjadi senjata Mazda dalam mencuri perhatian para pengguna mobil yang “tech-geek”.

“Boleh dibilang MZD Connect itu lebih canggih dibandingkan sistem infotainment mobil di kelasnya. Terlebih MZD Connect menggunakan OS tersendiri, dimana untuk mengontrol diberikan tiga opsi: touch screen, multimedia commander, sama tombol di setir. Nah, multimedia commander ini yang bikin MZD Connect keliatan keren, mirip iDrive BMW tapi versi Jepang,” jelas Richie, salah satu member komunitas M2SKYACTIV-ID.

Saking canggih dan menariknya fitur MZD Connect, teman-teman M2SKYACTIV-ID berkreasi untuk meningkatkan “kepintaran” fitur infotainment yang hadir di All-New Mazda2, Mazda6, dan Mazda CX-5 ini. Berbekal ilmu yang didapat dari forum-forum di internet, akhirnya mereka berhasil berkreasi membuat MZD Connect dengan tampilan berbeda, termasuk dengan hadirnya beragam aplikasi menarik.

Secara singkat, upgrade yang dilakukan M2SKYACTIV-ID ialah meningkatkan OS standar yang tersemat di MZD Connect All-New Mazda2  ke versi 56.00.100A yang merupakan versi lebih tinggi. Proses upgrade OS tersebut hanya memakan waktu sekitar satu jam, dengan data OS yang bisa didapat dari dua website khusus, yakni http://mazdacmuhacks.com/ dan http://mazda3revolution.com/.

Efek upgrade firmware OS yang paling terasa ialah keleluasaan bagi pengguna untuk memasukkan aplikasi khusus di luar aplikasi standar yang disediakan Mazda. Selain itu, pengguna MZD Connect pun bisa melakukan personalisasi tampilan display infotainment, khususnya mengubah background dan warna latar MZD Connect.

Ini baru dari segi penampilan, belum dengan kemudahan pengguna untuk mengoperasikan MZD Connect melalui layar sentuh, bahkan dalam kondisi cruising. Sekedar informasi, MZD Connect secara otomatis mematikan sistem layar sentuh saat mobil dikendarai, sehingga mengharuskan pengguna mengatur fitur melalui multimedia commander.

“Upgrade MZD Connect bisa dikatakan bikin sensasi berkendara jadi makin seru. Soalnya ada salah satu aplikasi Speedometer & Compass, dimana kita bisa lihat top speed yang dicapai, lama berkendara, posisi koordinat GPS, dan lain-lain. Asyiknya lagi saya bisa mengatur semua itu melalui layar sentuh saat berkendara. Canggih pokoknya,” ungkap Simon, salah satu pengguna All-New Mazda2 yang sudah mengupgrade MZD Connectnya.

Masih banyak potensi aplikasi yang bisa tersemat di MZD Connect, mengingat saat ini aplikasi MZD Connect bisa lebih leluasa di-upgrade tanpa merusak kondisi mobil. Pastinya untuk MZD Connect kini semakin asyik dijadikan program eksperimen bagi Anda para penikmat Mazda yang tech geek.


Step by Step instalasi aplikasi di MZD Connect

Untuk simulasi instalasi aplikasi pada MZD Connect, kami menggunakan MZD Connect All-New Mazda2 dengan aplikasi yang akan di-install ialah Date to Statusbar.
Sebelum melakukan proses instalasi, pastikan OS MZD Connect sudah berada di versi 56. Siapkan juga USB flashdisk yang sudah terformat, dan dalam kondisi kosong tanpa data.

  1. Unduh aplikasi Date to Statusbar di http://mazdacmuhacks.com/. File unduhan akan berupa ekstensi .zip, sehingga Anda diharuskan meng-ekstrak seluruh data .zip tersebut ke USB flashdisk Anda.
  2. Sematkan USB flashdisk yang sudah berisikan file aplikasi ke slot USB yang berada di konsol tengah dasbor All-New Mazda2. Sebelumnya, pastikan tak ada USB flashdisk maupun SD Card lain tersemat di slot yang tersedia di mobil, sehingga MZD Connect hanya membaca USB flashdisk yang berisikan file data aplikasi.
  3. Secara otomatis MZD Connect akan membaca sekaligus menginstalasi aplikasi yang sudah Anda simpan di USB flashdisk Anda tadi. Tunggu hingga informasi instalasi berjalan sukses, yang ditandai oleh hadirnya tombol OK di layar MZD Connect.
  4. Lakukan proses reboot dengan menekan tombol BACK + NAV + MUTE secara bersamaan, hingga layar MZD Connect mati. Kemudian tunggu hingga MZD Connect melakukan proses booting awal, sampai menampilkan layar homescreen MZD Connect.
  5. Voila! Kini di bagian kanan statusbar MZD Connect tersemat informasi tanggal dan waktu, menggantikan infomasi waktu yang tersedia pada statusbar versi OS MZD Connect standar.

 

EDITOR

andy

Top