Rabu,26 Okt 2016 11:18 WIB

Penulis: Iman Firman

TUNING - guide

Upgrade Performa All New Kijang Innova Bisa Naik Sampai 60 Dk

  • Foto: Iman Firman

    Upgrade Performa All New Kijang Innova

  • Foto: Iman Firman

    Upgrade Performa All New Kijang Innova

  • Foto: Iman Firman

    Upgrade Performa All New Kijang Innova

  • Foto: Iman Firman

    Upgrade Performa All New Kijang Innova

  • Foto: Iman Firman

    Upgrade Performa All New Kijang Innova

  • Foto: Iman Firman

    Upgrade Performa All New Kijang Innova

  • Foto: Iman Firman

    Upgrade Performa All New Kijang Innova

  • Foto: Iman Firman

    Upgrade Performa All New Kijang Innova

Para diesel freaks sepertinya sudah mulai gatal dengan kehadiran Toyota All-New Kijang Innova bermesin diesel terbaru. Yup, mesin dengan kode 2GD -FTV berkapasitas 2.393 cc ini diklaim sebagai pertama yang mengusung Thermo Swing Wall Insulation Technology (TSWIN). Mesin ini diklaim bisa meningkatkan efisiensi hingga 15 persen dan torsi meningkat sampai 25 persen dibanding sebelumnya.

Mesin ini juga menggunakan piston yang dilapisi bahan silica-reinforced porous anodized aluminum (SiRPA). Material ini dirancang untuk mudah panas dan mudah dingin sehingga suhu ruang bakar dapat terjaga.

Selain itu turbo dengan variable nozzle barunya juga dibuat dengan ukuran lebih kecil, dan dan dikembangkan untuk memaksimalkan performa serta efisiensi. Desain turbin baru ini dirancang agar efisiensi meningkat dan sanggup memberikan respons maksimal saat akselarasi, sehingga gejala turbo lag bisa ditekan sampai minimal.

Meski performa mesin baru All New Kijang Innova dalam kondisi standar sudah jauh meningkat dibanding generasi sebelumnya, para pecinta mobil diesel di Indonesia tetap tergoda untuk menaikkan kemampuannya.

Umumnya masih dalam tahap uji coba, namun beberapa speed shop seperti SS Performane Shop di Bandung sudah menjual berbagai parts untuk menaikkan performa mesin anyar ini. “Belum banyak sih, tapi dengan yang sudah ada saja power mesin bisa meningkat sampai 60 hp,” ujar Teddy Jusman, punggawa SS Performance.

Nah, pemilik All New Kijang Innova diesel yang berminat untuk meningkatkan performa mesinnya, monggo disimak beberapa part yang tersedia.

  1. Intercooler pipe (hose replacement) (Rp 2 juta) Merupakan pengganti slang sambungan intercooler bawaan mesin. Pipa dari bahan aluminium ini mampu menahan tekanan lebih besar dari turbo dibanding komponen standar.
  2. Super turbo downpipe (Rp 2,75 juta). Downpipe buatan Super Turbo dari Thailand ini berfungsi sebagai pengganti komponen standar. Efeknya aliran gas menjadi lebih lancar dan mesin terasa lebih bertenaga. Diklaim power mesin bisa naik sekitar 8 dk.
  3. Dastek Unichip Q4 (Rp 6,85 juta), U-Connect (PnP) Dastek (Rp 3 juta) dan Dastek switch (Rp 800 ribu). Peranti piggyback ini sudah terbukti di mesin diesel Kijang Innova generasi sebelumnya. Enaknya kini ada U-Connect Plug and Play sehingga dalam pemasangan Dastek Unichip tidak perlu mengubah wiring harness asli mobil. Power mesin bisa meningkat sekitar 50-60 dk dari standar.
  4. Exhaust Gas Recirculation (EGR) Block (Rp 300 ribu). Alat ini berfungsi menutup jalur gas buang yang diarahkan kembali ke intake. Diklaim pembakaran menjadi lebih bersih.
  5. Tein Coilover Streetbasis (Rp 15 juta). Kalau mesin sudah kencang sebaiknya kemampuan handling juga ditingkatkan. Suspensi coilover ini akan membuat All New Kijang Innova Anda jadi lebih stabil di kecepatan tinggi.

Workshop:
SS Performance Shop
Jl. Supratman 40
Bandung
Telp. (022) 7203387

 
Alternatif Pilihan

Selain part untuk meningkatkan performa yang ada di atas, workshop Garage Autoworks juga menyediakan beberapa alternatif piggyback yang dapat Anda pilih. Berikut pilihannya:

1.    Piggyback Powerlab FPC-X Rev.2 (Rp 4 juta). Piggyback ini memiliki kelebihan dalam hal pemasangan yang langsung plug and play tanpa mengubah kabel standar bawaan mobil. Sehingga Anda tidak perlu khawatir akan hilangny garansi. Power mesin bisa meningkat sekitar 40-50 dk dari standar.

2.    Piggyback ECU Shop Super4 (Rp 8,5 juta). Piggyback ini memiliki parameter setting-an lebih banyak dibanding produk lain pada umumnya. Bisa digunakan untuk harian maupun bagi konsumen yang menginginkan performa tinggi dari mesin diesel All New Kijang Innova.

3.    Piggyback ECU Shop Monster Max Revo (Rp 14,5 juta). Untuk yang menginginkan performa mesin yang lebih ‘tajam’ dari All New Kijang Innova bisa memasang piggyback buatan Thailand ini. Power mesin bisa meningkat sampai 60 dk dari standar.

Workshop
Garage Autoworks
Jl. Mekar Raya No.1
Gede Bage, Bandung
Telp. 0859-75002678

 

EDITOR

andy

Top