Selasa,23 Agust 2016 15:45 WIB

Penulis: Rahmat Hirnomo

GUIDE - do it yourself

Wiper Belakang JDM, Cegah Kotoran Menumpuk

  • Foto: Rahmat Hirnomo

    1.Pertama-tama buka tutup baut di pangkal tangkai wiper. Caranya, tarik tutup plastik di titik kancing penguncinya

  • Foto: Rahmat Hirnomo

    2.Lepas tangkai wiper dengan membuka baut pemegangnya

  • Foto: Rahmat Hirnomo

    3.Buka trim bagian dalam pintu bagasi, dengan menarik titik-titik kancing pengait di sisi kiri dan kanan

  • Foto: Rahmat Hirnomo

    4.Lepas rumah motor penggerak wiper dengan membuka baut pengikatnya

  • Foto: Rahmat Hirnomo

    5.Selanjutnya buka tutup rumah motor menggunakan obeng kembang (+)

  • Foto: Rahmat Hirnomo

    6.Pindahkan kait yang ada pada roda gerigi motor dari posisi awal menjadi posisi seperti pada gambar

  • Foto: Rahmat Hirnomo

    7.Posisikan tangkai wiper menjadi tegak. Lakukan pengetesan agar putarannya pas

Tampilan mobil yang dipasarkan di Negeri Sakura telah menjadi salah satu referensi kuat dalam mendandani kendaraan. Detailnya yang berbeda dari mobil serupa di negara lain membuat dandanan ala JDM (Japanese Domestic Market) menjadi tren di banyak tempat, termasuk di Tanah Air.

Salah satunya yang berbeda pada mobil JDM dibanding model serupa di Tanah Air adalah posisi wiper belakang pada hatchback seperti Honda Jazz, Nissan March, atau Toyota Yaris/Vitz. Pada unit yang dipasarkan di Tanah Air, tangkai wiper belakang berada di bawah dengan posisi horizontal saat tidak difungsikan, alias rata dengan bagian bawah kaca belakang. Berbeda dengan versi JDM yang tangkai wiper berada pada posisi tegak saat dimatikan.

Ada alasannya kenapa produsen mobil membuat wiper berada dalam posisi berdiri pada unit yang dipasarkan di Jepang. Kondisi iklim subtropis membuat adanya musim salju di Negeri Matahari Terbit.

Saat musim dingin dan turun salju, jika posisi wiper rebah seperti hatchback versi Indonesia akan membuat butiran salju menumpuk di atasnya sehingga menutupi kaca belakang. Selain menutupi kaca belakang, tumpukan salju ini juga membuat gerakan wiper yang diawali dengan sapuan ke atas menjadi sangat berat.

Posisi wiper tegak pada hatchback JDM membuat salju tidak mudah menumpuk di kaca karea tidak menyangkut di wiper. Dan saat dihidupkan, kerja wiper menjdi lebih ringan karena tak banyak salju di atas kaca dan gerakan pertama wiper adalah sapuan ke bawah.

Meski di Indonesia tak turun salju, aplikasi wiper ala JDM punya keuntungan. Bukan hanya alasan gaya, posisi berdiri akan membuat debu tak mudah menumpuk di bagian atas wiper. Risiko kaca baret akibat terkena kotoran dan debu pun dapat dikurangi.
Salah satu hatchback di Tanah Air yang cocok mengaplikasi setelan wiper ala JDM ini adalah Honda Jazz GK5. Selain dapat membuatnya tampil seperti ‘saudara’nya di Jepang, ubahan pada Jazz generasi ketiga di Indonesia ini dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

Silahkan ikuti tujuh langkah simpel membuat tampilan wiper ala JDM pada Honda Jazz GK5. Selamat mencoba.

 

EDITOR

andy

Jumat,23 Sept 2016 10:30 WIB

Toyota Sienta - Test Drive Review

Senin,19 Sept 2016 15:15 WIB

All New Honda BeAT ESP 2016 - Test Ride

Jumat,9 Sept 2016 13:30 WIB

KUN Bali & Banyuwangi 2016

Top