Kamis,7 Jan 2016 21:00 WIB

Penulis: erie

Penjualan Mobil Baru

Begini Cara Honda Pondok Indah Jadi Juara

Foto: Harryt

Wiraniaga wanita di dealer Honda Pondok Indah punya target sama dengan wiraniaga pria

Jakarta- Seperti diberitakan sebelumnya, bahwa Honda Pondok Indah berhasil meraih predikat ranking 1 secara penjualan di wilayah Jabodetabek pada tahun lalu. Yakni dengan pencapaian 2.856 unit di tahun 2015.

Caranya dengan blusukan menggelar pameran di mal hingga memasang tenda di pemukiman ataupun pasar dan lain sebagainya.

Lantas apakah dibenarkan memasarkan produk diluar wilayah kerja dealer? “Boleh saja, toh kita melakukannya tanpa mengganggu aktifitas dealer lain,” jawab Maria Marliana, Sales Manager Honda Pondok Indah. Ia ditemui di kantornya hari ini (7/1).

Kemudian apakah promo diskon ataupun potongan uang muka berpanguruh besar terhadap penjualan? “Sebetulnya diskon memang telah menjadi bahasa iklan. Besarnya promo juga tak menjadi jaminan. Kita melihat background pembelinya. Ada yang cocok dan ada juga yang tidak cocok,” bilangnya lagi.

Sejurus dengan itu, Maria mengatakan dalam 1 bulan, tim penjualan menggelar pameran di 4 mal pada wilayah Jabodetabek.

Dirinya pun membagi klasifikasi mal yang dituju yakni segmen menengah dan segmen atas.

“Dalam setiap pameran di mal, kalau dikatakan BEP (Break Event Point) juga belum tentu. Makanya kita coba di semua segmen. Mal bagus belum tentu ramai, justru mal dengan kategori segmen bawah itu lebih banyak berpotensi SPK (Surat Pemsanan Kendaraan) on the spot,” kata wanita yang berpengalaman menangani divisi penjualan selama 7 tahun di Honda Pondok Indah.

Hal yang unik, dari 100 tenaga penjual yang dikomandani oleh Maria. Sebanyak 20 persennya adalah sales person wanita.

Meski begitu, wiraniaga wanita itu tetap punya target yang sebanding. “Iya sales girls kami berhasil meraih peringkat juara 1, 2 dan 3 dalam hal penjualan. Walau wanita, mereka harus fight bukan seperti princess yang hanya bisa bersolek,” detail Maria lagi.

Selain itu, Honda Pondok Indah juga menerapkan pendekatan customer delight. Yakni mengutamakan kebutuhan pelanggan.

“Saat ini selain diskon uang muka, kebutuhan pertama dalam hal membeli mobil baru adalah DP ringan, tenor bisa dicicil 5 tahun, bonus aksesoris, paket servis berkala yang murah. DP ringan paling dominan, yang penting punya mobilnya dulu,” pungkas  wanita ramah ini. Harryt (Otomotifnet.com)

 

EDITOR

erie

Top