Jumat,8 Jan 2016 23:30 WIB

Penulis: erie

Industri Otomotif

Fokus Ke Asia, Mitsubishi Tutup Pabrik Di AS

Foto: Autoblog

Pabrik Mitsubishi di Normal, Illinois AS

Jakarta- Mitsubishi Motors segera menutup pengoperasian pabrik mereka yang berada di Normal, Illinois. Hal itu menyusul tidak adanya pabrikan lain yang mau membeli pabrik tersebut.

Pihak Mitsubishi, sebagaimana diberitakan oleh kantor berita Reuters, tadinya bertekad untuk mendapatkan pembeli dari sesama pabrikan mobil untuk membeli pabrik satu-satunya bagi Mitsubishi di kawasan Amerika Serikat itu.

Namun akhirnya dibuka juga kemungkinan dari industri sektor lain yang berminat untuk mengambil alihnya.  

Pabrikan berlambang Tiga Berlian ini memang sudah berencana untuk menghentikan proses produksi di Amerika pada tahun lalu. Hal ini berkaitan dengan rencana strategis mereka untuk lebih berkonsenterasi ke pasar Asia.

Pabrik itu sendiri didirikan pada tahun 1988, merupakan unit joint venture bersama pihak Chrysler.  

Terakhir pabrik itu merakit Outlander pada bulan November 2015 lalu. Tetapi masih akan terus beroperasi hingga bulan Mei nanti untuk menghasilkan suku cadang saja.

Mitsubishi sendiri sebenarnya mencatatkan kondisi yang positif di pasar Amerika. Karena tahun lalu penjualannya naik 22,8 persen dengan mampu menjual 95.342 unit mobil berbagai model.

Kondisi tersebut menempatkan pabrikan ini sebagai satu-satunya merek mobil di Amerika yang mencatatkan keuntungan usaha dalam tujuh tahun terakhir

 

EDITOR

erie

Top