Senin,29 Agust 2016 19:55 WIB

Penulis: Arief Aszhari

Harga Avanza-Xenia Bekas Terjun Bebas, Kehajar Calya-Sigra

Foto: Andy Tinggogoy/CTG

Toyota Calya resmi dijual pada kamis, 11 Agustus 2016

Jakarta- Kehadiran Astra Daihatsu Sigra dan Astra Toyota Calya diprediksi tidak hanya akan merusak pasar mobil baru yang setipe, namun dipercaya juga akan mengubah peta pasar mobil bekas (mobkas) di Tanah Air.

Herjanto Kosasih, Senior Marketing Manager WTC Mangga Dua mengatakan untuk saat ini efek kehadiran duet maut mobil murah tujuh penumpang tersebut sudah terasa dari segi harga jual Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

"Sudah sangat terasa, harga mobil bekas Avanza-Xenia turun drastis sekitar 5 sampai 10 persen atau Rp 15 jutaan. Untuk harga segitu besar loh," jelas Herjanto, saat berbincang dengan OTOMOTIFNET, Senin (29/8).

Lanjutnya, meskipun dengan kondisi tersebut yang diuntungkan tetap konsumen yang berniat membeli mobil bekas, namun bagi konsumen yang ingin menjual mobilnya juga akan merasakan dampaknya.

"Sekarang pedagang mobil bekas pasti nentuin harga belinya murah, karena harga jualnya juga jatuh banget," tambahnya.

Masih menurut Herjanto, sebagai contoh untuk Toyota Avanza tahun 2015 yang tipe tertinggi saja di pasaran dibanderol sekitar Rp 190 jutaan. 

Dan dengan harga Daihatsu Sigra dan Toyota Calya disekitaran Rp 150 juta, maka konsumen bukan tidak mungkin akan lebih memilih mobil baru dibandingkan harus membeli mobil bekas karena jika dilihat dari kapasitasnya sama tujuh penumpang. 

"Untuk penjualan mobkas Avanza-Xenia per bulannya sih saya belum ngecek pastinya, namun penjualannya masih sekitar 100 sampai 150 unit per bulan," pungkasnya.

EDITOR

Haryadi Hidayat

Top