Senin,4 April 2016 13:30 WIB

Penulis: Harryt MR

Pandangan Tentang Indonesia Rekonsep Skema Industri

Foto: Harryt/otomotifnet

Dr. Prachin, CEO Grand Prix International Co, Ltd

Jakarta - Menyelami industri otomotif Thailand, tentu tak afdol tanpa mewawancarai Dr. Prachin Eamlumnow, yang dikenal sebagai figur otomotif negeri Siam. Lalu apa yang harus dilakukan industri otomotif Indonesia untuk meningkatkan ekspor? “Infrastruktur yang jadi utama. Kemudian ketersedian industri komponen lokal sehingga bisa menyokong industri perakitan mobil maupun motor,” jawab Dr. Prachin, selaku CEO Grand Prix International Co, Ltd, penyelenggara Bangkok International Motor Show.

Masih menurut pria ramah ini, aspek regulasi pemerintah juga diperlukan untuk menstimulus investor serta market. “Harus rekonsep seluruh skema industri. Termasuk soal regulasi pemerintah yang solutif dan sama-sama menguntungkan,” lanjutnya. Seperti diketahui, pasar Thailand merajai segmen pick up double cabin. Lantas bagaimana anda menjaring pasar ekspor di luar segmen yang telah ada di dalam negeri?

“Orientasi kita membuat produk yang universal tidak mengarah pada segmen murah untuk kebutuhan domestik saja. Tetapi membuat produk yang punya pasar ekspor. Yakni dengan menyediakan kemudahan bagi industri otomotif berorientasi ekspor untuk membuat pabrik di Thailand,” jawabnya lagi. • (otomotifnet.com)

EDITOR

Otomotifnet

Top