Selasa,6 Sept 2016 15:05 WIB

Penulis: Arief Aszhari

Pasaran Avanza-Xenia Kehajar Calya-Sigra, Hanya Sementara?

Foto: ADLISAL RIVAI

Astra Toyota Calya G A/T

Jakarta- Efek kehadiran duet maut mobil murah tujuh penumpang, Toyota Calya dan Daihatsu Sigra di pasar mobil bekas (mobkas) sudah cukup terasa, dengan mulai menurunnya harga jual untuk kendaraan LMPV bekas yang ada di pasaran, seperti Avanza-Xenia.

Menurut Chief Operating Officer Mobil88, Halomoan Fischer, antisipasi kehadiran Calya-Sigra ini para pedagang mobil bekas sudah menurunkan harga beli sekitar Rp 2 sampai Rp 3 juta, bahkan di luar Mobil88 sudah mencapai Rp 10 sampai Rp 15 juta.

"Setahu saya memang harga jualnya masih dipertahankan, namun harga belinya sudah turun sekitar segitu," papar Fischer saat berbincang dengan OTOMOTIFNET, Senin (5/9).

Namun, untuk mengetahui apakah duet Calya-Sigra akan memakan pasar mobil bekas LMPV seperti Avanza-Xenia belum bisa dilihat saat ini. "Kalau saya pikir dalam 2 bulan mungkin sudah bisa dilihat," tambahnya.

Sementara itu, menurut Khemal Darmawan, pemilik Bintang Auto Gallery, salah satu pedagang mobkas di MGK Kemayoran, pihaknya tidak terlalu khawatir dengan kehadiran Calya-Sigra, pasalnya mobil murah seperti ini efeknya hanya sementara waktu.

"Ini hanya euforia mobil baru, kita lihat saja Agya-Ayla lalu. Baru setahun sudah banyak yang jual lagi, harganya turun drastis lagi," jelasnya.

Ketika disinggung Agya-Ayla yang merupakan mobil murah lima penumpang, dan berbeda dengan Calya-Sigra yang merupakan mobil tujuh penumpang yang notabene model yang digemari di Indonesia, pihaknya justru membandingkan dengan Datsun GO+ yang sama-sama tujuh penumpang.

"Datsun GO+ juga tujuh penumpang, tapi sama aja. Setahun banyak yang jual lagi dan sudah banyak di pasar mobil bekas," ucapnya. 

EDITOR

Haryadi Hidayat

Top