Rabu,6 April 2016 16:10 WIB

Penulis: Arief Aszhari

Penjualan Honda Freed Mengkhawatirkan, Bagaimana Peluang Toyota Sienta?

Foto: ilustrasi

Sienta vs Freed

Jakarta - Penantang terbaru Honda Freed, Toyota Sienta siap meluncur di gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS), Kamis (7/4). Model terbaru dari pabrikan asal Jepang ini diharapkan mampu setidaknya mengambil sedikit jatah dari Honda Freed.

Namun, dengan mulai bergesernya pasar multi purpose vehicle (MPV) ke sport utility vehicle (SUV), apa yang bisa diperbuat Toyota Sienta untuk berbicara banyak di kancah pasar otomotif dalam negeri?

Berkaca pada data penjualan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) bulan lalu, penjualan Honda Freed saja tidak lebih baik dari penjualan salah satu model sedan Honda City. Padahal, seperti yang kita ketahui penjualan segmen sedan saat ini di Indonesia sedang 'tiarap'.

Untuk bulan lalu, penjualan Honda Freed hanya terjual sebanyak 122 unit, dan mengalami penurunan sedikit dibandingkan penjualan Februari yang menyentuh angka 128 unit.

Sementara itu, untuk Honda City mampu terjual sebanyak 132 unit pada bulan lalu, dan jumlah ini meningkat dari Februari yang hanya sebesar 113 unit. Dengan hasil ini, total penjualan Honda City selama tiga bulan pertama 2016 tercatat sebesar 291 unit.

Nah, melihat penjualan di segmen yang bakal diisi tersebut, apakah Toyota Sienta mampu menembus atau setidaknya menstimulus konsumen membeli produk baru dan menjatuhkan pilihan kepada Toyota Sienta? Bisa jadi mampu. Jika berkaca pada penjualan Honda Freed saat pertama kali keluar mampu terjual 18 ribu unit.

Efek model baru sepertinya masih menjadi senjata ampuh untuk konsumen dalam menentukan pilihan membeli mobil baru, tapi mampu bertahan berama lama? Menjadi sesuatu yang menarik untuk disimak. (otomotifnet.com)

EDITOR

toncil

Top