Kamis,31 Maret 2016 18:00 WIB

Penulis: Harryt MR

Solar Pertamina Dexlite, Dijadwalkan Tanggal 8 April

Foto: Harryt/otomotifnet

Alat transportasi pengangkut BBM Pertamina

Pertamina Solar Dexlite kabarnya akan diluncurkan pada tanggal 8 April 2016. BBM Solar jenis baru ini memiliki kadar cetane number 51 dengan kandungan sulfur 1.000 Ppm. Soal harga, kabarnya akan dibanderol kurang dari Rp 7.000.

"Dexlite sudah bisa digunakan untuk kendaraan bermesin diesel yang sudah mengadopsi teknologi commonrail. Pokoknya bulan April dan harganya kurang dari Rp 7.000," beber Ahmad Bambang, Direktur Pemasaran PT Pertamina Persero.

Namun hingga berita ini ditulis, proses perizinan untuk meluncukan Solar Dexlite masih belum beres. “Masih pengurusan izin ke Kementerian Energi Sumber Daya Mineral serta Badan Kordinasi Penanaman Modal,” terang Wianda Pusponegoro, Vice Presiden Communication PT Pertamina Persero (28/3).

Lantas apakah proses perizinan bisa selesai, mengingat Solar Dexlite rencananya akan diluncurkan pada bulan April tahun ini? "Kami berharap izin bisa segera keluar," jawab Wianda.

Selain itu, Pertamina juga tengah bersiap meluncurkan Pertamax Turbo yang rencananya akan dipasarkan pada pertengahan tahun ini. Namun masih dikaji apakah produk BBM supercar ini bakal diluncurkan di dalam negeri atau hanya untuk pasar Eropa.

Solar Dexlite dengan spesifikasi lebih baik dari Solar disambut baik oleh pabrikan. Salah satunya Toyota yang telah mengadopsi teknologi common rail pada produk bermesin diesel modern racikannya.

“Spesifikasi lebih baik dengan harga lebih terjangkau dibanding Dex tentu kami sambut baik,” ucap Dadi Hendriadi, Technical Service Division PT Toyota Astra Motor.

Tak hanya itu, Dexlite juga diklaim bisa hemat 5-8 persen dibanding Solar biasa. Nah mau tau lebih lengkap, silahkan kebet tabloid OTOMOTIF Edisi 47/XXV.

EDITOR

Haryadi Hidayat

Top