Rabu,3 Feb 2016 16:45 WIB

Penulis: erie

Penjualan Mobil Baru

SUV Kuasai Penjualan Mobil Di Eropa

Foto: Nissan

Nissan Qashqai, jadi juara segmen compact SUV di Eropa tahun 2015

Jakarta- Untuk pertama kalinya, tahun 2015, mobil jenis SUV menyingkirkan model subcompact dan compact dari tahta sebagai model mobil terlaris.

Booming SUV di wilayah Benua Biru itu naik 24 persen dari total penjualan mobil baru di seantero Eropa yang sebesar 3,2 juta unit tahun lalu.

Berdasarkan hasil penelitian lembaga riset khusu otomotif Jato besaran pangsa pasar itu naik dari 19,8 persen di tahun 2014, meninggalkan mobil di segmen subcompact yang punya pangsa pasar 22 persen.

Salah satu model subcompact di Eropa yaitu VW Polo, sementara yang masuk segmen compact seperti VW Golf. Keduanya bisa disebut sebagai model favorit di Eropa selama bertahun-tahun.

Nah, pesatnya penjualan SUV di Eropa dikarenakan melonjaknya segmen midsize SUV yang naik 42 persen (470 ribu unit). Nama yang bisa mewakili segmen ini adalah Mitsubishi Outlander dan Audi Q5.

Segmen SUV yang paling laris adalah compact SUV yang terjual sebanyak 1,28 juta unit tahun lalu. Kia Sportage dan Nissan Qashqai (modelnya serupa X-Trail).

Segmen SUV terlaris kedua adalah small SUV yang secara total terjual 1,2 juta unit. Renault Captur dan Peugeot 2008 adalah nama yang bisa mewakili segmen ini.

Nissan, Renault, dan Volkswagen secara berurutan menjadi volume maker terbesar di segmen SUV.

 

EDITOR

erie

Top