Rabu,13 April 2016 17:00 WIB

Penulis: Otomotifnet

All New Toyota Kijang Innova G 2016, Pionir Pakai 24 Inci!

  • Foto: KYN/otomotifnet

    Jok tengah diubah jadi captain seat, kreatif!

  • Foto: KYN/otomotifnet

    Pasang roof rack dan fog lamp LED supaya tampilan makin gagah

  • Foto: KYN/otomotifnet

    Pelek 24 inci simpanan sejak dulu, masuk dengan ubahan di kaki-kaki

  • Foto: KYN/otomotifnet

    Ini rahasianya, per dan sokbreker diganti dengan kepunyaan Toyota Land Cruiser VX200

  • Foto: KYN/otomotifnet

    Banyak yang nanya ini mobil apa karena tampilannya jadi beda banget!

Disinyalir ini satu-satunya All New Kijang Innova yang pakai pelek 24 Inci!

Jakarta - All New Toyota Kijang Innova belum lama diluncurkan di Indonesia. Pelan-pelan, mulai bermunculan versi modifikasi. Bahkan ada satu yang dijamin membuat mata terbelalak. Bagaimana tidak, MPV anyar ini sudah dijejalkan pelek berukuran 24 inci!

Wuiiihhhh… Enggak heran, dulu beberapa kali mobilnya yang lain pernah masuk OTOMOTIF dengan konsep yang sama.

“Pokoknya diameter paling maksimal yang bisa muat di sepatbor,” kekeh Abiel Adi, sang pemilik. Tak hanya itu, semua pelek yang ia pernah pakai tidak pernah dijual lagi. “Dulu pelek ini pernah gue pakai di Nissan X-Trail punya bokap. Terus karena beliau mau pakai ban yang tapak kasar, akhirnya turun ke 22 inci, yang ini disimpan,” ucapnya.

Makanya begitu All New Toyota Kijang Innova G 2016 berwarna hitam ini tiba di garasi, ia pun langsung mengeluarkan pelek ini. Sejurus kemudian mobilnya dibawa ke bengkel suspensi langganannya di sentra onderdil Dutamas Fatmawati, Jaksel. Abiel minta ditinggikan semaksimal mungkin.

Seluruh per dan sokbreker standar diganti per dan sokbreker kepunyaan Toyota Land Cruiser VX200 untuk depan, sementara belakang hanya pernya saja yang diganti sama seperti per depan. Karena Toyota Land Cruiser VX200 adalah SUV, otomatis per dan sokbrekernya jauh lebih panjang.

“Jadinya tinggi banget, aman nih pakai pelek 24 inci! hehehe,” kekeh Abiel. Kemudian pindah ke Permaisuri Ban di Mahakam, Jaksel, untuk pasang pelek VHF ukuran 24x9 inci dengan ban Nitto NT420 ukuran 285/35R20 dipasang dan pas! Rupanya masih ada kendala lain yang langsung terasa.

“Enggak bisa belok patah, mentok ke inner fender sama mud flap pas belok dan pelek terlalu ke dalam,” keluhnya. Akhirnya inner fender-nya ditekuk sedikit ke dalam dan mud flap dilepas.

“Sekarang cuma bisa belok sekitar 85%, tapi sudah aman, enggak mentok lagi,” ujarnya lega. Lalu untuk pelek depan ditambahkan adaptor 4 mm dan belakang 3,4 mm supaya lebih ‘keluar’. “Bautnya juga diganti yang panjang karena pakai adaptor,” ujarnya. Hasilnya sekarang terlihat jauh berbeda, lebih gagah dan sangar. Apalagi Abiel menambahkan bullbar dan roof rack juga tow bar di belakang.

“Banyak yang nanya loh ini mobil apaan. Pada heran dibilang ini Innova baru,” gelaknya. Oke deh!  • (otomotifnet.com)

Data Modifikasi All New Toyota Kijang Innova G 2016
Plus:
- Jadi yang pertama pakai pelek 24 inci

Minus:
- Tidak bisa belok maksimal

EDITOR

Otomotifnet

Top