Kamis,12 Nov 2015 15:20 WIB

Penulis: pewete pewete

Grand New Toyota Kijang Innova 2.0G 2012 UPAYA TAMPIL BEDA

Foto: KYN

Grand New Toyota Kijang Innova 2.0G 2012 UPAYA TAMPIL BEDA



Masih jarang Kijang Innova dengan tampilan ALTO, salah satunya berasal dari Cilacap


Cilacap - All Light Terrain Off-road (ALTO), gaya modifikasi mobil jangkung untuk mobil non-4WD ini sempat ramai diawal tahun 2000-an oleh sekelompok penyuka modifikasi di Jabodetabek ketika itu. Dulu ramai diaplikasikan di mobil sekelas Toyota Kijang Super dan Kijang kapsul, Daihatsu Taruna, juga Mitsubishi Kuda.



Interior tidak banyak ubahan, hanya audio saja

Rupanya gaya ALTO ini masih menyisakan rasa penasaran di beberapa anak muda penyuka modifikasi di beberapa daerah di luar Jabodetabek. Seperti halnya yang dilakukan Afrizal Nur Fauzi terhadap Toyota Kijang Innova-nya karena ingin tampil beda.



Sokbreker Bilstein untuk bagian belakang agar lebih jangkung

"Modifikasi Innova ALTO saya ini dimulai sejak 5 bulan lalu karena saya ingin tampilan yang lain daripada yang lain," ujar Rizal, pemilik MPV keluarga berwarna hitam ini. "Setahu saya cuma 3 Innova yang dimodif ala ALTO begini termasuk saya," tukasnya.



Sokbreker Toyota Fortuner untuk depan berikut lift kit custom

Gimana sih caranya modif Innova tampilan ALTO? "Awalnya saya membuat sejenis lift kit berbahan pelat besi kuat setinggi 5 cm, lalu mulai pemasangan kaki-kaki berikut lift kit custom tadi," jelas Rizal. Untuk sokbrekernya ia mengganti dengan milik Toyota Fortuner untuk depan dan Bilstein untuk belakang.



Pelek dan ban off-road sempat mentok sepatbor, harus dipotong sedikit bagian dalam sepatbornya

Setelah berhasil meninggikan suspensi, ia pun beralih mengganti pelek. "Sempat coba pakai pelek kaleng dan ban Savero MT ukuran 275/75R15, tapi saya kurang puas karena kok ukuran bannya masih terlalu kecil," keluh mahasiswa Universitas Solo ini.



"Cuma ada 3 Innova yang gaya ALTO," kata Rizal

Akhirnya Rizal pun menggantinya dengan ukuran ban yang lebih besar yaitu 31x10.5R15 berikut ganti pelek model off-road, "Tapi ada masalah baru karena mentok bagian dalam sepatbor saat stir berbelok, akhirnya saya potong sedikit bagian dalamnya agar enggak mentok lagi," ulas pria 21 tahun ini.

Untuk membuat tampilan agar lebih gagah, di belakang ia menambahkan towing bar custom dan fender mirror milik Toyota Fortuner. Lalu dua buah foglamp juga ia pasang di bagian depan berbarengan dengan pasang roof rack custom. Mantap!

Sementara mesinnya hanya diganti air filter replacement K&N, "Enggak dipakai buat off-road berat juga kok," cetusnya. Kemudoan di interior ia melakukan upgrade audio agar lebih enak didengar saat sedang jalan-jalan dengan teman-temannya. Sekarang sudah tampil beda dong? • (otomotifnet.com)

Plus:
- Style ALTO terbilang jarang di Innova

Minus:
- Mesin tidak banyak ubahan

DATA MODIFIKASI:

Pelek Offroad 15x8 inci, ban Savero MT 31x10.5 R15, filter udara pakai K&N, sokbreker depan OEM Toyota Fortuner, sokbreker belakang Bilstein, roofrack custom, towing bar belakang custom, fender mirror OEM Toyota Fortuner, foglamp 2 buah kanan kiri 36 watt 1 buah led cree 180 watt, interior lapisan dasbor custom, speaker split Sound Stage, power 4 channel LM Audio Gold, power monoblock Intersys ISP 2500, subwoofer LM Audio




EDITOR

fauzi

Top