Senin,29 Feb 2016 13:52 WIB

Penulis: Otomotifnet

Honda Civic A/T 2010, Pindahan Dari Yang Bongsor

  • Foto: Salim/otomotifnet

    Mesin. Upgrade performa plug and play

  • Foto: Salim/otomotifnet

    Interior. Jok semibucket

  • Foto: Salim/otomotifnet

    kaki-kaki. Enkei RPF1

  • Foto: Salim/otomotifnet

    Audio. Head unit Pioneer AVH1450DVD diinstal dengan speaker 3 way serta dipadu dengan double subwoofer dari Venom. “Power 4 channel-nya juga dari Venom

  • Foto: Salim/otomotifnet

    Bodi. Body kit berbahan fiberglass

Pada akhirnya, Kadri menganggap bodi Honda Stream terlalu bongsor. Makanya diambil langkah untuk menggantinya dengan model sedan

Jakarta - Ada satu alasan pasti yang diungkapkan Kadri Jaya Leo, saat memutuskan untuk menebus sedan Honda Civic keluaran 2010 dan memodifikasinya. “Sebelumnya untuk harian pakainya Honda Stream dan diubah dengan gaya elegan. Lama kelamaan saya merasa bodi Stream terlalu bongsor dan dengan alasan itu, lantas menggantinya dengan model sedan,” papar pria berbadan tegap itu.

Memiliki bahan modifikasi Civic bertransmisi otomatis, ternyata enggak membuatnya kelain hati. Maksudnya aliran modifikasi yang dipilih tetap elegan. “Nyaris saja tampil sama dengan ubahan sebelumnya. Tapi berkat banyaknya teman nongkrong yang sudah mengubah tampilan kendaraannya bergaya street racing, tak urung kepincut juga,” paparnya.

Selain itu, Kadri juga beralasan kalau dirinya senang dengan gaya mobil yang muncul di film Fast And Furious. Alasannya jadi lebih kuat untuk menggeser gaya dari elegan ke street racing.• (otomotifnet.com)

Bodi

Bagian bodi yang terlihat di hasil jepretan OTOMOTIF ini, mengalami beberapa kali bongkar pasang. Alasan Kadri melakukan hal itu karena dirinya enggak mau ubahan yang dilakukan sama dengan orang lain. Makanya bodi depan Mugen, mengalami modifikasi sedemikian rupa. Sehingga bisa menyesuaikan dengan desain yang dianggap beda oleh si empunya Civic. Oleh karena special order, meski enggak banyak ubahan tapi waktu pengerjaan jadi molor.

“Dari awal saya beli pada 2 tahun lalu, bagian body kit berbahan fiberglass mengalami beberapa kali ubahan,” paparnya. Sementara warna biru, dijadikan untuk mempercantik bagian bodi. Enggak ada alasan yang terlalu sentimentil soal pemilihan kelir tersebut. Namun si empunya mobil bilang bahwa ada masukan dari teman-teman untuk selalu mengubah kelir saat mengikuti ajang kontes modifikasi. “Setidaknya ada hal baru yang bisa disampaikan ke juri. Sebelum biru, Civic ini sudah mencicipi kelir putih dan hijau daun mint,” ungkap Kadri.

Interior

Langsung terlihat roll bar dari depan sampai tengah, ketika pintu terbuka, tentu ini jadi tanda tanya besar, mengingat kiblat modifikasi yang diinginkan adalah kendaraan yang dipakai di Fast and Furious. “Pemasangan roll bar itu untuk menguatkan bagian pilar. Selain itu tampilan bagian dalam jadi tampak lebih sangar,” kilahnya. Selayaknya ubahan street racing, maka jok semibucket menggantikan bawaan pabrik. Tak hanya bagian pengemudi, tapi juga bagian penumpang menggunakan jok sejenis berlabel Bride Cuga Carbon. Safety belt juga mengalami perubahan. Meski aplkasinya lebih ribet, tapi sabuk Takata 4 titik dipakai supaya mengentalkan konsep street racing yang diusung.

Jok belakang masih ada? Dipastikan bagian itu sudah kosong. Dengan alasan bisa lebih privat dengan pasangannya, maka bagian itu dihilangkan. Kain bahan suede dipakai untuk menutupi bagian yang dihilangkan. “Pemilihan bahan suede karena dipakai harian. Kalau saja hanya untuk kontes, mungkin bagian tersebut berganti dengan bahan bordes,” kekeh Kadri.

Kaki_Kaki

Pelek ukuran 17 inci berlabel Enkei RPF1 dipilih lalu disandingkan dengan ban Achilles 215/40R17. Memilik gaya street racing, maka bagian kaki-kaki dibikin lebih pendek. Caranya, mengganti per standar dengan produk Tein yang notabene lebih pendek dan keras. Sementara sokbreker masih pakai standarnya.

Audio

Kadri menggunakan kendaraannya ini untuk mendukung kegiatannya sehari-hari. Mulai ngantor, pergi bersama pasangan dan nongkrong bareng rekan-rekannya di Makassar, Sulut. Oleh karenanya, ruang kabin tetap dibuat nyaman dengan menginstal audio system. Head unit Pioneer AVH1450DVD diinstal dengan speaker 3 way serta dipadu dengan double subwoofer dari Venom. “Power 4 channel-nya juga dari Venom,” terangnya.•

Mesin

Model upgrade performa plug and play dipilih untuk mendongkrak performa mesin Civic. Dari beberapa merek, pilihan jatuh pada Dastek Unichip. Enggak cukup sampai di situ saja, down pipe custom dipesan untuk menggantikan standar pabrik dan muffler JS Racing sebagai penyelaras akhir.

Data Modifikasi

Ban Achilles 215/40-R17
Pelek Enkei RPF1
Downpipe Custom
Muffler JS Racing
Bumper Mugen Custom
Jok Bride Cugo Carbon
Safety Belt Takata
Headunit Pioneer AVH1450DVD
Speaker Venom
Subwoofer Venom
Power Venom 4 Channel


Plus:
- Bodikit Mugen yang idcustom bikin tampilan luar jadi beda

Minus:
- Rollbar terkesan dipaksakan untuk dipasang

 

EDITOR

Bagja

Top