Sabtu,6 Agust 2016 12:31 WIB

Penulis: otomotifnet

Honda HR-V 1.5S 2015, Terinspirasi Dari Foto

  • Foto: KYN/otomotifnet

    Pakai add-on body kit ternyata oke juga!

  • Foto: KYN/otomotifnet

    Pelek dicari yang semirip mungkin dengan yang di gambar

  • Foto: KYN/otomotifnet

    Mudf lap Sparco custom warna merah senada dengan cutting sticker-nya

  • Foto: KYN/otomotifnet

    Suspensi ditinggikan 4 cm menggunakan body lift custom

  • Foto: KYN/otomotifnet

    Rudi, semua berawal dari gambar di internet

Meski hanya bermodalkan foto dari internet, hasilnya oke juga!

Jakarta - Beberapa waktu lalu sketsa digital Honda HR-V versi rally yang dibuat oleh seorang modifikator bernama Didik Permadi beredar di dunia maya. Tak disangka, ada juga yang penasaran membuat versi aslinya di Indonesia loh!

Salah satu anggota HR-V Club Indonesia (HCI), yaitu Rudi Syafruddin Sukarman yang akhirnya berani mengubah tampilan HR-V miliknya jadi seperti itu.

“Sejak lihat gambar sketsa digital HR-V rally itu saya langsung tertarik, apalagi sepertinya base-nya juga warna silver sama seperti punya saya. Ya sudah, bikin deh!” seru Rudi, demikian ia biasa dipanggil oleh teman-temannya.

Bermodalkan gambar yang di-print itulah stiker ini dibuat. Tentu saja harus mereka-reka ukuran dan warna yang pas. “Agak lama di bagian desainnya saja,” ujar Rudi dengan nada lega. Tapi tidak mentah-mentah meniru seluruh desain cutting sticker itu.

Hasilnya cukup rapi, bahkan detail tulisan seperti OZ Racing, Mugen Power dan PIAA terpasang seperti yang terlihat di gambar itu. “Saya cuma nambahin logo HR-V Club Indonesia di kap mesin,” jelasnya. Sayang Rudi belum mendapatkan fog lamp PIAA seperti yang terpasang di bumper depan dari gambar itu.

Selebihnya ia menambahkan body kit Mugen depan dan Zeus unuk belakang, lalu rear spoiler Noblesse dan ducktail Topline di pintu bagasi. Soal pelek, ia juga mencari yang semirip mungkin. “Di gambar itu peleknya model jari-jari warna putih dengan ban pacul, jadi saya coba cari yang sama,” ujar pria 44 tahun ini.

Akhirnya didapat pelek replika OZ Racing ukuran 16x7,5 inci, dibalut ban Forceum AT ukuran 215/70R16 yang bertapak kasar. “Kalau pakai ban pacul terlalu licin kalau hujan,” ujarnya.

Namun ukuran ban ini jadi timbul masalah baru, ketika belok agak mentok dengan mud flap Sparco custom berwarna merah yang sudah terpasang. Akhirnya ia meninggikan suspensi dengan body lift 4 cm. Aman! Keren juga ya HR-V versi rally style!

Data Modifikasi:

Eksterior: Cutting sticker rally style, body kit depan Mugen, belakang Zeus, rear spoiler Noblesse, ducktail Topline
Pelek dan Kaki-kaki: Pelek replika OZ Racing 16x7,5 inci, ban Forceum AT 215/70R16, mud flap Sparco custom, body lift 4 cm
Interior: Retrim MBtech, head rest TV

Plus: Berhasil membuat HR-V rally style
Minus: Interior belum banyak diubah dengan gaya yang sama

EDITOR

Bagja

Top