Jumat,7 Okt 2016 09:14 WIB

Penulis: otomotifnet

In Car Entertaintment: Honda CR-V 2.4 Prestige 2016, Private Theatre

  • Foto: sano/otomotifnet

    HU Alpine ICE-W957HD, paling cocok untuk menyetel media DVD yang optimal untuk sistem surround ini

  • Foto: sano/otomotifnet

    Di depan menggunakan Focal Utopia Be 3-way untuk suara yang lebih penuh dan akurat

  • Foto: sano/otomotifnet

    Ini dia syarat utama surround, speaker belakang 3-way dengan kualitas suara yang sama dengan di depan

  • Foto: sano/otomotifnet

    Selain bisa ganti setting sesuai genre musik dari sini, bisa juga pindahkan setting surround ke driver focused

  • Foto: sano/otomotifnet

    Dua amplifier Mosconi Gladen One 4-channel untuk di depan dan belakang, sedang monoblock Gladen SPL untuk subwoofer Focal K2

Kalau kebanyakan SQ dibuat fokus di jok pengendara, pemilik satu ini lebih menginginkan  setiap penumpang merasakan kenikmatan menonton bioskop

Jakarta - Sering kali ketika menonton film terbaru di teater kesayangan, muncul berbagai  istilah audio, yang paling populer seperti Dolby Surround Sound. Bisakah sistem tersebut  diterapkan ke in car entertainment? Jelas bisa.

Seperti yang dicontoh Nasion Samodra, pemilik Honda CR-V 2.4 Prestige yang menginginkan  suara ala di bioskop itu di dalam SUV-nya. “Saya memang menyukai jenis suara live yang seperti sedang menonton bioskop atau  menikmati langsung performance musik,” ujar Nasion.

Dibawa ke Cartens Autosound di ITC Fatmawati, sang owner langsung berkonsultasi dengan  Eddie Soesanto, pemilik workshop, yang sudah beberapa kali membangun sistem serupa. 

“Untuk konfigurasi surround yang satu ini kita buatkan sistem multimedia 4.1 Dolby  Surround dengan processor system, speaker depan, belakang dan subwoofer,” terang Eddie. 

Yang dimaksud dengan 4.1 adalah adanya dua speaker di depan, dua di belakang dan satu  subwoofer. Sedang untuk membangun konfigurasi ini, dipilihlah sistem surround dengan speaker  belakang menggunakan 3-way split, posisi tweeter dan midrange di pilar C, serta midbass  di pintu tengah. Mengapa butuh speaker di belakang seperti ini?

“Tambahan speaker di belakang untuk menghasilkan nuansa live dan penuh, sehingga terasa  seperti dalam bioskop.  Kita gunakan 3-way split dari Focal KRX3 agar bisa dapat kualitas yang sama dengan di  depan, karena corak suara yang sama sangat krusial untuk sistem multimedia 4.1,” jelas  Eddie.

Sedangkan di depan, digunakan sistem 3-way dari Focal Be W-RC untuk menghasilkan suara  yang lebih penuh dan akurat untuk kualitas musik. Dengan sistem yang baru ini, media seperti DVD terutama musik live dan film akan menjadi  optimal didengarkan dengan rasa ala-ala surround sound di teater. • Sano/otomotifnet.com

EDITOR

Bagja

Top