Selasa,4 Okt 2016 12:06 WIB

Penulis: otomotifnet

In Car Entertaintment: Setingan Audio Suzuki Ertiga 2012 Terprediksi Juara

  • Foto: Rian/otomotifnet

    Pakai dua head unit, Alpine CDA-9987 lebih fokus dipakai untuk kualitas suara

  • Foto: Rian/otomotifnet

    Power amplifier 4-channel disembunyikan di balik jok baris kedua

  • Foto: Rian/otomotifnet

    Amplifier monoblock dari Prokick untuk menunjang output dari subwoofer

  • Foto: Rian/otomotifnet

    Syarat SQL, penumpang juga harus bisa menikmati sistem audionya

  • Foto: Rian/otomotifnet

    Dua subwoofer Cliff Designs berukuran 12 inci dalam boks ported, cukup untuk menghasilkan 136,5 dB

Instalasi rapi dan penggunaan komponen yang tepat, sulit untuk menyisakan ruang kemenangan bagi peserta lain
    
Jakarta
- Kontes audio kini lebih banyak beraliran sound quality, karena kepraktisan apabila dipakai sehari-hari. Namun kombinasinya dengan SPL menjadi SQL (sound quality loud), masih digemari beberapa kalangan yang lebih suka berkumpul lalu unjuk gigi. Seperti kontes BlackAuto Battle Solo 2016 yang diadakan di Mall The Park, kontes SQL masih diminati.

Bahkan OTOMOTIF sudah memprediksi, Suzuki Ertiga milik Ari Sinta yang terlebih dahulu kami foto akan menang, karena kerapian instalasi dan komponennya. Benar saja, ternyata Ertiga yang dipasangi total 16 speaker dan 2 subwoofer ini langsung menggaet gelar Champion SQL Battle. “Saya sempat enggak pede begitu pertandingannya mulai, karena voltasenya sempat turun,” tutur Ari Sinta.

Rahasianya, Sinta mencoba menghibur kuping juri di dalam kabin terlebih dahulu menggunakan speaker Venom 2-way Turbo VX6TO, dengan full range di pilar A yang relatif kompak sehingga instalasinya dianggap tidak mengganggu. Uniknya, di depan terpasang 2 HU single-DIN sekaligus, yaitu Alpine CDA-9887 yang lebih difokuskan untuk kualitas suara, sehingga disambungkan ke prosesor Alpine RUX-H701. Satu lagi adalah AVT AV-R9077 yang lebih digunakan untuk pemutar multimedia.

Namun keunggulan SQL tentu ada di paling belakang. Sinta memutuskan untuk tidak lagi menggunakan jok baris ketiga untuk memasukkan sejumlah speaker coaxial. Untuk pengeras suara, digunakan speaker dari Dominations, yaitu dua pasang Dominations ES 60 yang memiliki konfigurasi midbass dan tweeter, sedangkan satu lagi Dominations… Untuk poin instalasi, tentunya dibuatkan dudukan akrilik yang dihias kosmetik.

Sedangkan subwoofer dipilih 2 unit berukuran 12 inci dari Cliff Design untuk dentuman maksimal, kemudian dibuatkan boks berbentuk ported. Agar tidak jauh, 2 amplifier monoblock Prockick PK6500DL untuk menguatkan suara frekuensi rendahnya itu diletakkan di bawah kedua subwoofernya. Hasil akhirnya, didapatkan angka 136,5 dB ketika penilaian SQL dan poin kerapian juga positif, sehingga lawan-lawannya pun tersingkirkan. Selamat ya bro! * Sano/otomotifnet.com

Data Modifikasi:

Head Unit: Alpine CDA-9887, AVT AV-R9077
Processor: Alpine PXA-H701
DSP Controller: Alpine RUX-C701
Speaker (Depan): Venom 2-way Turbo VX6TO
Speaker (Belakang): 2 Dominations ES 60, Dominations
Subwoofer: 2 Cliff Design 12 Inch
Power Amplfier: 2 Earthquake 4-channel PX2200W/4
Monoblock Amplifier: 2 Prockick PK6500DL
Kabel: Pitch & Timbre

 

EDITOR

Bagja

Top