Selasa,29 Maret 2016 12:12 WIB

Penulis: Otomotifnet

Jeep Wrangler JK CRD 2015, Pertama untuk Jadi Inspirasi

  • Foto: F Yosi/otomotifnet

    Mesin masih standar, tenaganya sudah cukup buat jadi andalan Vito sehari-hari

  • Foto: F Yosi/otomotifnet

    Interior nyaris tak ada ubahan, hanya jok sudah dilapis kulit demi kenyamanan

  • Foto: F Yosi/otomotifnet

    AEV punya ragam aksesori unik untuk di belakang, seperti 3rd brake lamp mungil yang nyelip di antara bilah pelek ini

  • Foto: F Yosi/otomotifnet

    Kap mesin enteng tapi berfungsi maksimal untuk membuang hawa panas mesin sekaligus bikin tampilan lebih gagah

  • Foto: F Yosi/otomotifnet

    Dudukan ban cadangan memang didesain supaya mudah saja mengangkut ban ukuran 35 inci, tanpa menimbulkan bunyibunyian sekaligus minim vibrasi

  • Foto: F Yosi/otomotifnet

    Pada bumper belakang yang terbuat dari besi baja, terdapat tangki yang sanggup diisi air sebanyak 26,5 liter

  • Foto: F Yosi/otomotifnet

    Ban BFGoodrich M/T 35 inci terlihat pas di sepatbor, serasi dengan pelek kelir gelap

  • Foto: F Yosi/otomotifnet

    Pakai lift kit, bodi pun naik 3,5 inci tanpa mengganggu feel berkendara di setir

  • Foto: F Yosi/otomotifnet

    Sokbreker Bilstein menjaga modifikasi handling tetap optimal sekaligus bikin kemampu-an di medan off-road

  • Foto: F Yosi/otomotifnet

    Vito lebih senang pakai sokbreker setir keluaran Old Man Emu karena pas dengan gaya mengemudinya

Jakarta - Lihat saja tampilan Jeep Wrangler CRD kelahiran 2015 ini. Sekilas lihat bodi seperti standar bawaan pabrik. Padahal, kalau intip kaki-kakinya sudah jauh  lebih jangkung loh. Jelas saja, yang dipasang adalah lift kit 3,5 inci! Enaknya, lift kit dari American Expedition Vehicles (AEV) memang dibuat khusus  untuk Wrangler dengan kode bodi JK ini.

“Makanya waktu pasang benar-benar enggak ada ubahan alias tinggal plek saja,” ungkap Arvito Leopold Hutagalung, sang pemilik jip. Berpengalaman lebih dari 15 tahun meracik kendaraan 4WD, perusahaan yang berdiri di Montana, Amerika ini memang mengkhususkan membangun Jeep Wrangler. Makanya, dilihat dari sisi manapun, tampilannya masih terlihat seperti standar.

“Rasanya baru saya yang pertama pasang lift kit 3,5 inci AEV untuk Wrangler JK ini di Indonesia. Biasanya kan merek lain. Saya ingin nunjukin kalau AEV pun bisa tampil keren pakai lift kit setinggi ini,” sambung Vito, sapaan akrabnya sambil tertawa. Apa saja yang diganti? Langsung lihat lengkapnya. • (otomotifnet.com)

Kaki-Kaki

Dalam paket JK350 untuk yang mengincar bodi lebih tinggi 3,5 inci. Total terdapat 16 komponen mulai dari kaki-kaki sampai body part. Tentu bisa di-customize sesuai keinginan. Selain lift kit, dalam paketnya sudah terdiri dari pelek seri Pintler berdiameter 17 inci, sudah dilengkapi ban gambot, yakni BFGoodrich Mud-Terrain T/A KM2 35 x 12,5 x R17 inci.

Khusus untuk kaki-kaki sendiri sudah lengkap, mulai dari bushing sampai karetkaret dan baut. “Hanya saya kombinasi lagi dengan sokbreker Bilstein dan sokbreker setir Old Man Emu. Saya lebih suka karakternya,” papar pengusaha bidang properti dan bus pariwisata ini. Per sendiri pakai lansiran Eibach.

Dinamakan Dual Sport suspension, sokbreker AEV dibuat untuk dapat menghadapi ragam medan. Makanya, walau bodi jauh lebih jangkung, namun ketika dipakai di jalan aspal, tetap dapat traksi dan enggak limbung, walau pakai ban gede. “Tapi bukan berarti ini jip saya pakai di aspal doang. Kalau mau main tanah atau off-road juga ayo saja,” ucap pria berpenampilan rapi ini dengan yakin.

Body Part

Enaknya pakai AEV, Vito merasa tampilan Wrangler bermesin diesel miliknya tetap sopan di jalan aspal, walau mudah tak pernah malu bermain tanah. Kap mesin contohnya, sekilas mirip walau begitu diperhatikan, AEV mendesain lubang pembuang hawa panas mesin dan tonjolan untuk mengatur aliran angin ketika di jalan tol supaya tidak membuat suara berisik.

Nah, yang termasuk di dalam paket adalah seperangkat bumper depan dan belakang dan tire carrier. “Saya senang modelnya, enggak terlalu sangar tapi tetap kekar dan kokoh. Waktu angkat bumper untuk pasangnya saja sampai butuh 3 orang,” sambung pria berusia 23 tahun ini.

Nah, bumper depan termasuk winch dan lampu sorot. Sementara bumper belakang, punya banyak opsi. Tire carrier alias dudukan ban serep sudah jadi standar. Hanya saja, di sekelilingnya terdapat banyak fungsi lain, seperti tatakan untuk hi lift jack, tangki bahan bakar ekstra ataupun peralatan outdoor.

Nah menariknya ada di sisi kiri bumper. Terdapat tutup tangki, yang begitu dibuka ternyata berfungsi sebagai tangki air. Tangki ini bisa disambungkan ke fungsi lain, misal untuk jadi washer atau sekadar air cadangan saat off-road.

Plus:
- Kit peninggi bodi lengkap terpasang, serasi dengan tema Sokbreker Bilstein menjaga modifikasi

Minus:
- Mesin masih bisa dimaksimalkan performanya

Data Modifikasi:

Lift kit 3,5 inci AEV
Sokbreker by Bilstein
Spring by Eicbach
Shock steer by Old Man Emu
All original parts AEV: AEV Hood, AEV Pintler
wheels, AEV Splash Guard, AEV Bumper Front
n Rear, AEV tire carrier, AEV Brake Light, AEV
Skid Plate, AEV Snorkel (otw)
Rear Corner Bushwacker
Warn SDB 160
BFGoodrich Mud-Terrain T/A KM2 35 x 12,5 x
R17 inci
Antenna X
License Plat by Mopar
Leather original by Jeep
AMP Powerstep (otw)

EDITOR

Bagja

Top