Rabu,25 Mei 2016 11:00 WIB

Penulis: otomotifnet

Mercedes-Benz E230 W210 A/T 1996, Strategi Tampil Lebih Keren

  • Foto: Gombak/otomotifnet

    Strategi Tampil Lebih Keren

  • Foto: Gombak/otomotifnet

    Mesin dirasa masih enak, cukup ganti open filter

  • Foto: Gombak/otomotifnet

    Body kit dengan pelek 20 inci. pas celupnya

  • Foto: Gombak/otomotifnet

    Bagasi untuk audio system, tapi masih lega untuk harian

  • Foto: Gombak/otomotifnet

    Makin sporty berkat desain bumper baru dan 4 knalpot

Walau sudah punya fitur lengkap, tapi tampilannya dianggap kurang greget

Yogyakarta - Banyak cara dilakukan bila memiliki sedan mewah keluaran 1990-an untuk tampil lebih stylish, bahkan lebih muda. Contohnya seperti yang dilakukan oleh Hari Adhiwangsa, terhadap salah satu sedan kesayangannya Mercedes-Benz E230 W210 A/T 1996 New Eyes lansiran 1996. “Ini generasi New Eyes yang pertama kali keluar. Saya modifikasi lebih elegan dan lebih sporty. Tujuannya supaya tampil lebih fresh, juga lebih responsif.

Seolah seperti W211 lebih muda tahun 2000-an,” yakin Hari, sapaannya. Jurus paling pas untuk mengubah tampilan adalah memasang body kit. Pria yang menjabat Deputi Umum di Mercedes-Benz Owners Community (MOC) Indonesia ini, juga ingin bodi rada membumi dan kaki-kaki terlihat celup. Namun tetap nyaman dan enggak ribet soal radius belok. Jurus pertama, satu set body kit Carllson mulai dari bumper depan belakang, samping kiri kanan juga spoiler di tutup bagasi dan kaca belakang bagian atas dipesan.

Namun enggak bisa langsung pasang, harus dimodifikasi lagi dengan fiber karena Hari kurang sreg sama desainnya. Jurus kedua, satu set pelek Carlsson 20 inci dengan lebar belang,yakni depan lebar 9 inci dan 10,5 inci belakang, sukses tertanam. Lingkar pelek membuat ruang fender tampak penuh. Namun jangan salah, kenyamanan enggak ditinggalkan. Termasuk ketika bertemu jalanan rusak bergelombang, bahkan polisi tidur.

“Lebar dan ring pelek saya rasa pas. Celupnya turun sekitar 4 jari dari tanah. Itu main setingan suspensi saja. Pakai sport kit Eibach. Ketika ban belok pol, terbukti fender aman enggak gesrot dengan ban depan. Bantingan suspensi juga enggak ajrutan-ajrutan dan bibir bumper depan enggak nyenggol polisi tidur. “Intinya nyetir mobil ini ada seninya,” senyum pria 52 tahun itu.

Sayangnya sektor mesin enggak begitu diolah. “Saya hanya seting ECU soal konsumsi bahan bakar serta memodulasi transmisi matiknya, supaya enggak begitu lemot ketika diajak akselerasi,” tutup ayah seorang putra tersebut. Yang penting celup dan seninya dapat ya bos. • (otomotifnet.com)

Data Modifikasi Mercedes-Benz E230 W210 A/T 1996

Ban depan 225/35R20
Ban belakang 245/35R20
Pelek depan Carlsson 20 inci, lebar 9 inci
Pelek belakang Carlsson 20 inci, lebar 10,5 inci
Body kit Carlsson Custom
Filter Udara K&N
Bengkel body kit U2 168 Solo 0878-77998168
Bengkel mesin Ancok Jogja, 0817- 279909

Plus:
- Berhasil tampil lebih muda
Minus:
- Mesin kurang terolah

 

EDITOR

Bagja

Top