Senin,18 April 2016 16:00 WIB

Penulis: Otomotifnet

Mitsubishi Galant V6 1999 VR4 Converted!

  • Foto: KYN/otomotifnet

    Mesin Galant VR dengan twin turbo, turbonya masih di upgrade lagi loh!

  • Foto: KYN/otomotifnet

    Interior sudah full Galant VR4 dari dasbor sampai joknya

  • Foto: KYN/otomotifnet

    Pelek BBS eks Lancer Evolution X, plus BBk Brembo

  • Foto: KYN/otomotifnet

    Body convertion ke Galant VR4 membutuhkan perjuangan tersendiri

Walau sudah discontinued, tapi pemiliknya tak lantas berpaling ke merek lain lantaran sudah terlanjur senang karena kencang dan nyaman

Jakarta - Padahal ini adalah Mitsubishi Galant ‘Hiu’ kedua Riki. “Yang dulu modifikasinya biasa saja, belum ngerti sama sekali kalau bisa di-convert ke Galant VR4 ini, hahaha,” sebut Riki Bachrudin, sang pemilik sambil tergelak. Namun setelah browsing dan kenalan dengan Yogi Susanto, pemilik bengkel GT Auto yang sudah banyak memodifikasi Galant lokal jadi VR4. “Barulah kepikiran modifikasi serius,” tukas Riki. Akhirnya body part Galant VR4 pun dibeli dari berbagai sumber.

“Saya dapat body kit set sampai spoiler belakang, lampu depan belakang, sama emblemnya,” ujar pemukim di Bogor ini. Kemudian seluruh body parts ini dicat silver sewarna bodi sebelum dipasang. Soal mesin, awalnya tidak terpikir oleh Riki untuk mengganti.

“Lama kelamaan kok performa mesin aslinya berkurang. Akhirnya nyari deh halfcut Galant VR4. Malah dapat yang generasi terakhir yang sudah facelift,” kekehnya senang. Mesin V6 yang berkapasitas 2.500 cc dengan twin turbo ini langsung dibelah untuk mengetahui kondisinya.

“Sekalian upgrade juga beberapa parts internalnya,” bilang pria ramah ini. Seluruh piping turbo di-custom di GT Auto dengan menggunakan stainless steel 2 inci dan 2,5 inci, lalu turbo diganti TD05 eks Lancer Evolution VI. Intercoolernya dipasang dari lansiran Greddy, sementara ECU pakai Greddy E-Manage Ultimate. “Turbo diset 0,8 bar untuk harian, pas dyno awal baru jadi dapat 285 dk. Sekarang setelah ganti turbo belum dyno lagi,” jelas Riki lagi.

Mumpung lagi engine swap, sekalian sistem All Wheel Drive VR4 dipasang. “Tangki bensin diganti punya VR4 juga karena pasang gardan dan kopel, bentuknya beda karena ada lekukan untuk kopel,” bilang pria 39 tahun ini. Sekalian juga pasang Active Yaw Control (AYC) untuk mengatur kestabilan ketika manuver di kecepatan tinggi. Lengkap! Jadi apalagi yang masih kurang? “Top cut sudah ada tapi belum sempat pasang sama kaca belakang yang ada wipernya belum dapat, harganya enggak masuk akal sekarang euy,” bisiknya. Sabar ya! • (otomotifnet.com)

Data Modifikasi:

Eksterior
Body full conversion to Galant VR4, wing spoiler
Lancer Evolution VI
Interior
Full convert to Galant VR4, dasbor, jok, door
trim, setir Lancer Evolution VIII
Mesin
Engine swap mesin Galant VR4 twin turbo,
turbo TD05 eks Lancer Evolution VI, intercooler
Greddy, ECU Greddy E-Manage
Pelek dan Suspensi
Pelek BBS Lancer Evolution X 18 inci, ban
Yokohama A-Drive R1 235/40R18, coilover, All
Wheel Drive Galant VR4, Active Yaw Control
(AYC), BBK Brembo

Plus:
- Konversi lengkap ke Galant VR4 JDM

Minus:
- Topcut dan kaca belakang belum terpasang

EDITOR

Otomotifnet

Top