Senin,9 Nov 2015 11:22 WIB

Penulis: pewete pewete

Mitsubishi Lancer 1999 PAKAI SUSPENSI DARI AUSIE

Foto: TYO

Mitsubishi Lancer 1999 PAKAI SUSPENSI DARI AUSIE



Ade Bum hanya punya waktu 2 minggu untuk menyiapkan mobil yang akan digas oleh Chicko di ajang reli tarmac

Jakarta
- Bum Motorspors nama yang enggak asing lagi di lintasan balap mobil nonaspal alias tanah. Torehan prestasi di ajang balap, membuat tim yang workshop dan markasnya di Cirebon, Jabar ini diperhitungkan kehadirannya.



Engine hanya di-porting polish

Di ajang reli tarmac beberapa waktu lalu di kawasan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian, Sentul, Bogor, Bum Motorsports juga menurunkan pembalapnya. Duet maut driver Chicko Ardwilatto dengan navigator Dodi Aryadinata menaklukkan trek dengan Mitsubishi Lancer keluaran 1999.



Rollbar custom by Bum Motorsport, disesuaikan dengan aturan balap nasional

Ade Bum yang merupakan owner workshop, turun langsung buat setup segala hal yang dibutuhkan. “Waktu yang tersedia hanya 2 minggu agar siap digas di trek aspal reli tarmac,” ucap pria berbadan tinggi besar itu.



Sok dengan per merah dari Pedders, jadi andalan Bum Motorsport

Bagian suspensi jadi fokus pengerjaan yang dilakukan Ade. Seperti pada ajang balap pada umumnya, dimana memang dibutuhkan pemakaian suspensi yang tepat. Kestabilan kendaraan saat menikung, akan membuat driver percaya diri. Bejek gas jadi enggak ragu-ragu saat melibas trek lurus yang konturnya bumpy.



Pelek pakai yang memang sesuai dengan kebutuhan reli

Sok impor dari Australia berlabel Pedders, jadi andalan Ade di bagian kaki-kaki. “Kemampuan sok ini enggak perlu diragukan lagi untuk kondisi trek ektrem yang biasa ada di lintasan balap,” ungkapnya. Hal senada juga diungkapkan Chicko. Lebih lanjut pria ramah itu bilang kendaraan jadi lebih anteng dan itu yang membuatnya enggak pakai ragu lagi kalau mau tancap gas.



Chicko (kiri), kestabilan terjaga jadi enggak segan buat tancap gas

Oh ya, suspensi yang pakai barang impor itu dipadu dengan pelek Compomotive ring 15 inci. Sedangkan ban yang dipakai merupakan produk dari Achilles yang memiliki spesifikasi 195/50R15. Sembari setting kaki-kaki, Ade juga mengoprek sedikit bagian mesin. Dibilang sedikit karena performa mesin dari Lancer ini sudah mumpuni untuk balap.

“Jadi hanya melakukan porting polish saja. Tujuannya pasti untuk memperlancar aliran masuk bahan bakar ke ruang bakar,” jelasnya. Perangkat pendukung safety yang jadi fokus lanjutan setelah kelar urusan kaki-kaki dan mesin. Seperti pemasangan rollbar custom by Bum Motorsport yang sudah pasti mengikuti aturan standar balap nasional.

Lalu juga pemilihan jok bucket OMP berpadu dengan safety belt 4 titik dari Bride. • (otomotifnet.com)

Plus:
- Suspensi sesuai dengan kebutuhan kendaraan

Minus:
- Performa mesin masih bisa dibikin maksimal

DATA MODIFIKASI:

Ban : Achilles 195/50-15
Pelek : Compomotive ring 15
Jok : OMP Setir : Sparco
Seatbelt : Bridge
Knalpot : Custom by Bum Motorsport
Rollbar : Custom by Bum Motorsport
Suspesi : Pedders


 

EDITOR

fauzi

Top