Kamis,6 Agust 2015 12:13 WIB

Penulis: pewete pewete

Modifikasi All New Toyota Avanza G M/T 2013, Sudah Bosan Ceper

Foto: OCTA

Modifikasi All New Toyota Avanza G M/T 2013, Sudah Bosan Ceper



Racikannya pakai suspensi depan standar Avanza, belakang aftermarket merek Tokico sedangkan per keong baja dingin dari SBM  


Jakarta - Punya Toyota Avanza, hampir dipastikan aliran modifikasi yang dipilih ceper atau elegan. Racun itu juga yang awalnya menjalar di pikiran Agung Prasetiyo Wibowo, owner MPV keluaran 2013 itu.“Saat ingin modifikasi, awalnya memang itu gaya yang dipilih. Namun lama kelamaan bosan juga dan ingin bikin kesan yang berbeda,” ungkap pria bertubuh gempal ini.



Header custom didatangkan dari Yogyakarta, tarikan terasa jadi enteng

Dari ceper, kemudian MPV itu kembali diubah. Kali ini agar Avanza enggak ragu saat diajak melibas jalanan tanah berbatu.Untuk itu, Agung perlu melakukan ubahan pada bagian kaki-kaki terlebih dahulu. Pada bagian depannya, tetap menggunakan suspensi standar Avanza dengan kombinasi per keong berlabel SBM. “Suspensi depan diganjal karet khusus.



Audio, minimalis agar ruang belakang tetap lega

Selain itu juga dilakukan penggantian baut camber, agar ban depan bisa lurus,” terang Agung.Di bagian belakang, suspensi bawaan Avanza enggak dipakai lagi. Suspensi berlabel Tokico tipe E2001 plus per keong roll baja dingin dari bengkel Sinar Mas di Jl. KH. Noer Alie, Bekasi Barat yang diandalkan.



Stabilizer belakang, mencegah efek limbung

Dipilih pelek kaleng orisinal bawaan Mercedes-Benz yang spesifikasinya 6.5J x 15H2 ET37. Dengan balutan karet bundar dari GT Radial tipe Savero Komodo MT (27 X 8.5R15). Sebagai MPV, ubahan itu tak ayal memiliki dampak. Yang sudah pasti adalah efek limbung. Agung mengantisipasi dengan memasang stabiliser.



Pelek OEM Mercy (6.5J x 15H2 ET37) dengan balutan karet bundar Savero Komodo MT

Area yang dipasang, seperti di bawah bagian mesin dan belakang.“Sekarang enggak perlu ragu lagi saat harus berhadapan dengan jalur tanah,” aku pria yang sudah beberapa kali mengajak Avanzanya melibas medan off-road. Sektor mesin enggak ada yang diotak-atik.



Agung. Ganti tampilan yang lebih garang

Hanya saja, header standar diganti dengan racikan Seno pawang knalpot asal Yogyakarta. Penggantian tersebut, Agung merasakan kalau performa diputaran mesin bawah, lebih enteng. Beberapa aksesori akhirnya mengikuti ubahan yang sudah dilakukan itu. Seperti pemasangan lampu sorot, pelindung bagian depan,  towing dan roof rack. • (otomotifnet.com)

Plus:
- Avanza jadi kelihatan macho

Minus:
- Bodi masih polos dan standar

Data Modifikasi
Pelek: Mercedes-Benz 6.5J x 15H2 ET37 Ban: GT Radial Savero Komodo MT (27 X 8.5R15) Knalpot: Seno Knalpot Per: SBM Suspensi: Tokico (belakang) Roof rack: Buzz Rack Bumper Guard: Dart Lampu Sorot : LED Jok: MBtech Head lamp: Proyektor Head unit: Pioneer AVH-X1650DVD Speaker: PCA Subwoofer: JBL 10 inci Power Bank: PCA 2.5 Farad Power: Momentum ]








EDITOR

Otomotifnet

Top