Senin,1 Feb 2016 15:13 WIB

Penulis: Admin OTOMOTIFNET.COM

Modifikasi All New Toyota Yaris TRD Sportivo 2014

  • Foto: KYN/otomotifnet

    Kap mesin karbon menguatkan aura sporty

  • Foto: KYN/otomotifnet

    Cukup dua jok Recaro SR2 di depan

  • Foto: KYN/otomotifnet

    Roambar untuk awalnya, next follbar ya!

  • Foto: KYN/otomotifnet

    Desain body kit depan diambil dari BMW M4

  • Foto: KYN/otomotifnet

    Interior belum seheboh eksteriornya

  • Foto: KYN/otomotifnet

    Intercooler Apex membantu mendinginkan turbo

  • Foto: KYN/otomotifnet

    Pelek Work Meister yang agresif fitment-nya membuat sepatbornya harus di-wide body

  • Foto: KYN/otomotifnet

    Body Kit Custom

Enaknya karena desainnya sudah bernuansa sporty, jadi ubahan sekarang tetap pakai tema street racing

Jakarta - Pernah dengar Gosuto? Kalau belum, artinya dalam bahasa Jepang adalah untuk menggambarkan sosok hantu. Misterius, tidak semua orang bisa melihat, namun sekalinya muncul langsung membuat ketakutan. Nah, All New Toyota Yaris milik Prayoga Pangudhi Nugroho ini seperti gitu, tahu-tahu menghilang dan sekalinya muncul, bikin orang kalang kabut.

Kenapa bisa begitu? “Iya, mobil ini memang suka ngumpet, nanti munculnya lagi kalau sudah berubah tampilan lagi, hahaha,” gelak Yoga, sapaan akrabnya. Padahal, bukan kali ini Yoga memodifikasi mobilnya. “Yaris saya yang lama juga dimodifikasi dengan gaya street racing, tapi di All New Yaris ini malah lebih keren jadinya,” ujar Yoga. Modifikasinya pun terbilang cukup berani untuk ukuran mobil baru.

Ia memasang beberapa peranti pendukung aerodinamika di eksterior selain pelek, pendongkrak tenaga mesin, juga beberapa di interior agar terlihat sporty. “Untuk sementara sudah cukup segini dulu,” tukas Yoga ketika ditanya apalagi yang akan dilakukannya. Upgrade mesin agar lebih kencang lagi bisa jadi pilihan selanjutnya, untuk semakin mengentalkan nuansa street racing. Apalagi basic mesinnya sama dengan Yaris terdahulu, jadi tak sulit mencari parts performanya. Siap-siap jadi Gosuto lagi nih! • (otomotifnet.com)

Plus:
- Ubahan dan modifikasi sudah menyeluruh

MInus:
- Kurang roll-bar untuk menguatkan kesan street racing


Interior Pakai Room Bar
 

Tak mau kalah heboh dengan eksteriornya, Yoga pun melakukan modifikasi di interior dengan mengganti jok standarnya, serta memasang beberapa peranti lainnya. “Kebetulan saya ada jok Recaro SR2, jadi jok standar langsung saya buka dan ganti dengan Recaro ini,” ujarnya. Selain itu, beberapa panel di interior dilapis dengan karbon Kevlar. Seperti panel frame head unit, panel yang memanjang dari kiri ke kanan, juga di panel door trim. Lebih berkesan sporty lagi, room bar yang terpasang di belakang jok pun segera ditambahkan.

Body Kit Custom


Karena desain eksterior All New Toyota Yaris ini sudah sangat kuat aura sporty, tak terlalu sulit untuk membuatnya semakin terlihat sporty. Untuk itu Yoga segera memesan body kit custom dan wide body di Glaubenprocustom di Buah Batu, Bandung.Dengan mengacu pada desain bumper depan BMW M4, body kit ini tetap mengambil desain Yaris terutama pada bagian grilnya. “Bagaimanapun saya maunya ciri khas Yaris tetap terlihat,” ujar pria 24 tahun ini. Kemudian side skirt dan body kit belakang didesain sendiri. Oh iya, lihat desain rear diffuser-nya deh, keren ya!

Lalu untuk bisa menampung pelek yang lebarnya mencapai 9,5+11 inci, mau enggak mau semua sepatbornya harus di-wide body. “Wide body untuk sepatbor depan 5 cm dan belakang 8 cm, pakai bahan pelat semua nih,” bilangnya.Di sepatbor depan juga ditambahkan semacam fender fin custom biar semakin terlihat sporty.

Mesin Kencang Untuk Harian


Mesin All New Toyota Yaris ini masih sama dengan Yaris terdahulu. Berarti cukup mudah kalau mau upgrade performa. Meski begitu, Yoga tak lantas serta merta langsung memodifikasinya secara menyeluruh. “Yang penting kencang untuk harian dulu,” ujarnya.

Memperlancar pasokan udara ke mesin, air filter standar dipensiunkan. Sebagai gantinya, open air filter Weapon R. Hal yang sama juga diterapkan soal urusan gas buang. “Knalpot diganti custom mulai dari tengah,” ujar penghuni kawasan Dago Asri, Bandung ini.

Kemudian ia juga memasang turbo Garrett TD04 berikut intercooler Apex’I untuk menambah power mesin. Lalu piggyback Dastek Unichip Q+ juga dipasang berbarengan dengan throttle module dan turbo module juga dari Dastek, sebagai pengatur kinerja mesin.

Sebagai penyalur daya ke seluruh roda, kopling diganti ECT stage 3. “Sekarang power mesinnya tembus di 215 dk pas dyno kemarin. Itu dengan settingan turbo nge-boost di 0,9 bar ya,” bilangnya.

Pelek 18 inci lebar 9,5+11 Inci
 

Untuk peleknya, Yoga sudah beberapa kali ganti, mulai dari TRD T3 sampai yang sekarang Work Meister M1 3 pieces construction repaint gold doff ukuran 18x9,5 inci depan (ET -9) dan 18x11 inci belakang (ET -12) yang dibelinya di Alter Pro Automotive, Bogor.

Ban pakai Toyo T1R ukuran 225/35R18 depan dan 245/35R18 belakang. Sementara suspensinya dipasang coilover KW V3 agar lebih mantap handling-nya


Data Modifikasi:

Mesin: Full custom exhaust, piggyback Dastek Unichip Q+, Dastek throttle module, Dastek turbo module, Carbon engine cover, Weapon R open air filter, Turbo TD04 Garret, Custom piping, Apex’i intercooler, HKS SQV blow off black edition, Custom piston dan conrod, Porting n polish, Apex’i boost meter, Apex’i shiflight, Apex’i turbo timer, Spec clutch stage 3, North hurricane 12 row oil cooler, Asimo honda oil recalator, Iridium spark plug, Samco hose Undercarriage: Undercontrol 4 point strutbar, Undercontrol sway bar, Pelek Work Meister M1 3 pieces construction repaint gold doff 18x9,5+11 inci, KW coilover suspension V3, ban Toyo T1R 225/35R18 dan 245/35R18, ATS braking system BBK mini 6 pot Eksterior: Front Canard, rear canard, splitter depan, Rear splitter, Side skirt, custom rear diffuser, custom rear wing, custom rear add-on, full GPC wide body kit ver.1 All New Yaris, Carbon door handle, Sabelt towing strap, carbon side mirror, Carbon hood, freehand art “ONI” in back of carbon hood by steel72ink tattoo, Workwheels pelat frame Interior: Jok Recaro SR2, interior carbon, orange room bar, Carbon shift knob, Nardi torino “red stitch” steering wheel, Nardi handbrake Audio: Full Bewith Japan audio, Power intelligent Venom indo, SQ audio system

EDITOR

Bagja

Top