Sabtu,29 Okt 2016 10:14 WIB

Penulis: otomotifnet

Modifikasi Honda Brio S M/T 2014

  • Foto: TYO/otomotifnet

    Interior dibalut dengan bahan kulit berkelir orange

  • Foto: TYO/otomotifnet

    Pelek momo dipadukan dengan pemakaian per aftermarket Tein dan sokbreker standar.

  • Foto: TYO/otomotifnet

    Hanya di-porting agar performanya meningkat

  • Foto: TYO/otomotifnet

    Hanya aksesori pendukung saat show off di kontes

  • Foto: TYO/otomotifnet

    Kru Pac-Man memilih untuk memasang pintu model gunting

  • Foto: TYO/otomotifnet

    Ada 7 gambar wajah yang dibuat secara ilusi dan dari semuanya

  • Foto: TYO/otomotifnet

    audio system SQ

Menjawab antangan modifikasi khususnya bagian cutting sticker dengan menelurkan tren baru

Jakarta - Masih ingat Honda Brio yang tahun lalu dibalut dengan cutting sticker berkonsep 3 dimensi. Yup, itu merupakan karya dari workshop cutting sticker Pac-Man yang ada di Mega Glodok Kemayoran, Jakpus. Apa yang dilakukan crew workshop yang ada di lantai 6 itu, membuat tren cutting sticker mengalami pergeseran. Banyak yang kemudian mengeksplor kepiawaian bermain stiker dan membuat gambar yang terlihat lebih hidup.

Jadi salah satu trendsetter di dunia cutting sticker, sudah barang tentu membuat Pac-Man terus mencari celah untuk melahirkan kreasi baru. “Paling anyar sekarang gaya ilusi. Desain 3 dimensi saat ini sudah masa lalu,” jelas Galih Sugianto. Desain bergaya ilusi yang disebut oleh salah satu owner Pac-Man itu, digambarkan pada Honda Brio tipe S keluaran 2014. Total waktu yang dibutuhkan untuk menerapkan gaya ilusi, lebih kurang 2 minggu.

Ketika diraba, jelas terasa bahwa teknik pengerjaannya bukan asal tumpang tindih saja. Antar bagian gambar, disatukan seperti membentuk teka-teki gambar. Butuh ketelitian yang cukup tinggi, agar ilusi yang ingin ditonjolkan bisa terwujud. Ini dia karya inovatif Pac-Man Cutting Sticker.  oct/otomotifnet.com
 
Bodi

Ada 7 gambar wajah yang dibuat secara ilusi dan dari semuanya, hanya ada 2 wajah diambil dari orang terkenal. Pertama adalah Benyamin Franklin, presiden Amerika yang wajahnya diabadikan di uang pecahan 100 dolar Amerika. Memang enggak secara keseluruhan, namun ketelitian membuat gambar tersebut sesuai dengan contoh. “Pemilihan gambar wajah dari pecahan 100 dolar Amerika itu menggambarkan, bahwa uang itu segala-galanya,” tegas Galih.

Selanjutnya adalah gambar wajah dari bintang penyanyi reggae Bob Marley. Untuk yang satu ini, dikarenakan pria ramah itu fans dari penyanyi berambut gimbal itu. Selain 2 wajah tersebut, masih ada 5 gambar lainnya. Letak dari gambar-gambar tersebut di pintu sebelah kanan, kap mesin, pintu kiri dan bagasi.
 
Pintu Gunting

Oleh karena disiapkan untuk ikutan kontes, sudah barang tentu harus ada nilai tambah lainnya dari modifikasi yang sudah dilakukan. Kru Pac-Man memilih untuk memasang pintu model gunting. Memang modifikasi seperti ini, bukanlah hal yang baru. Tapi tetap saja, membuat tampilan Brio tersebut berbeda dengan yang hanya mengandalkan pintu standar.
 
Interior

Warna gelap atau yang kalem-kalem, dianggap bukan pilihan bagi kendaraan kontes. Bagian interior jadi kelihatan biasa saja kalau memilih kelir-kelir tersebut. Agar terlihat enggak biasa dan menonjol, maka bagian interior dibalut dengan bahan kulit berkelir orange. “Full produk dari Lederlux,” terang Galih. Dibilang full, karena bagian jok racing dari Recaro juga enggak dibiarkan standar. Alias dari aslinya dibalut dengan bahan kulit tersebut.
 
Street Racing

Sesungguhnya aliran modifikasi yang dianut oleh Galih adalah street racing. Hal tersebut sangat nampak terlihat dari pemakaian roll-bar 4 titik. “Juga ada beberapa aksen karbon di bagian dasbor,” tuturnya. Ada tabung di tengah kabin bagian penumpang, itu hanya aksesori pendukung saat show off di kontes modifikasi. Bagian mesin hanya di-porting agar performanya meningkat.
 
Kaki-kaki

Butuh 1 tahun lamanya bagi Galih untuk dapat pelek yang sesuai dengan keinginannya. Bahkan setiap bertandang ke toko pelek, enggak lupa dirinya titip pesan agar si pemilik toko menghubungi kalau ada pelek yang sesuai dengan keingiannnya. Akhirnya beberapa minggu lalu, ada yang kasih kabar soal keberadaan pelek berlabel Momo orisinal tersebut.

“Enggak pakai lama, langsung datang ke lokasi dan bayar,” papar Galih. Pelek yang dianggap istimewa tersebut, dipadukan dengan pemakaian per aftermarket Tein dan sokbreker standar bawaan Brio.
 
Audio

Konsep ubahan street racing, oleh Galih dipadukan dengan audio system SQ. Perangkat yang dipasang, speaker dari RS Audio dan subwoofer RE 8 inci 2 unit. Power untuk mendukung perangkat tersebut diambil dari label RS juga.

Data Modifikasi

Pelek: Momo R17
Ban: Achilles 205/40-R17
Knalpot: custom
Jok: Recaro
Rollbar: Custom 4 titik
Kulit: Lederlux
Headunit: Pioneer
Power: RS
Speaker: RS
Subwoofer: RE 8 inci

Plus: Cutting sticker ilusi nggak main tumpang tindih

Minus: Suspensi hanya mengandalkan per aftermark

EDITOR

Bagja

Top