Selasa,4 Agust 2015 12:03 WIB

Penulis: pewete pewete

Modifikasi Honda HR-V 1.5L E CVT 2015

Foto: Hardy

Modifikasi Honda HR-V 1.5L E CVT 2015



Bagaimana membuat suara yang benar? Kenapa harus sejajar mata? Apa saja triknya?


Jakarta - Banyak sekali trik membangun sebuah tatanan car audio. Tentunya trik-trik itu terus berkembang seiring kemajuan ilmu masing-masing instalatur. Bagi Johny Chandra, instalatur Mega Audio Green Garden, Jakbar, sebenarnya menggunakan filosofi sederhana yang menggabungkan menonton konser di barisan depan dan home audio.



Arah midrange sengaja dipantulkan ke atas agar menghasilkan efek panggung yang lebar

“Pada home audio, hasil jatuhnya suara yang baik pasti di sekitar mata dan telinga. Nah kalau live concert, efek panggung lebih nyata karena tentunya memiliki staging yang lebar,” ujar Danny Susanto, pemilik low SUV ini.



Processor salah satu faktor yang membawa kendaraan ini sanggup menjadi juara

Mengejar suara layaknya home audio dan konser musik perlu trik-trik khusus. Bermula dari pembuatan mounting tweeter di pilar A dan midrange dibuat dengan bantuan waterpass, supaya lebih presisi dan tidak menyebabkan blind spot. Bahan mounting tersebut tidak ada yang spesial, perpaduan MDF dan fiber serta dempul.



Pasif dirancang khusus hanya untuk tweeter supaya high pass lebih natural

Namun perhitungannya tidak sembarangan, harus cermat soal angle dan wave length. Sengaja desain midrange mengadopsi model off axis agar suara tidak langsung ke arah pengemudi dan juga lebih blend serta menghasilkan efek panggung yang lebar.



Pintu depan sangat kokoh memberikan keuntungan suara bass yang baik dan tidak vibrasi

Frekuensi high pass sedikit di-custom lewat pasif crossover buatan sendiri. Tentunya agar suara vokal yang dihasilkan lebih natural. Kapasitor untuk membuat pasif crossover mengandalkan keluaran Mundorf Mcap tipe Supreme dan lansiran Hovland.



Kapal Pinisi dan keindahan biota laut mencerminkan ciri khas Indonesia

Untuk midrange dan midbass, mengandalkan sistem full aktif. "Terakhir tinggal setting dari fitur time alignment untuk menghasilkan suara layaknya menonton sebuah konser musik dan home audio," ujar instalatur yang rajin ikut kontes audio ini. • (otomotifnet.com)

Data Modifikasi:


In Car Entertainment:- Head Unit Alpine IVA 520- Processor Alpine PXA 701- Speaker Depan Scan Speak 3 Way- Power Amplifier ARC Audio KS 125.4 2 Unit- Subwoofer Scan Speak 23 W- Kabel Ramm- Peredam StP









EDITOR

Otomotifnet

Top