Senin,21 Des 2015 08:22 WIB

Penulis: parwata

Modifikasi Jeep Cherokee Limited Country 1998

  • Foto: gombak/otomotifnet

    Mesin standar dan siap kelelep. Tapi filter open air?

  • Foto: gombak/otomotifnet

    Cukup pede pakai ukuran 31x10,5-15

  • Foto: gombak/otomotifnet

    Sokbreker full Rough Country

  • Foto: gombak/otomotifnet

    Kalau enggak penuh ya cuma toolkit dan helm

  • Foto: gombak/otomotifnet

    Mau buka tenda woke

Dulu sosok ini resik dan kinclong bergaya city slicker. Namun sekarang berubah total

Solo - Gaya SUV perkotaan sontak semua itu ditanggalkan ketika naik kasta jadi SUV survey. Terbukti ketika menggarap gelaran off-road Tantangan Susur Rimba (TSR) 2 digelar bulan Oktober lalu. SUV milik Andre Sukwanto, dedengkot komunitas Brigade 4x4 Offroad Team ini jadi tampil liar dan kumuh lantaran Babe, sapaannya menjadi seksi sibuk alias pembuat acara.

“Tugas Cherokee ini bukan lagi buat ke mall dan weekend doang. Tapi siap dipakai blusukan adventure off-road. Intinya siap babak belur gara-gara buat survey TSR 2. Ya nyatanya begitu, event belum mulai, SUV ini sudah repot blusukan dulu cari rute,” yakin warga Yogyakarta yang berprofesi sebagai kontraktor ini.

Maksudnya bodi bonyok-bonyok akibat survey bahkan sampai girbok matiknya KO, sudah dialami. Singkatnya banyak cerita terkait Cherokee Babe ini. Yang tampak beda banget dengan sosoknya dulu. Warna tubuhnya enggak hijau tua metalik namun silver doff. Warna itu dipilih dengan alasan kalau baret atau lecet akibat bodinya bersinggungan dengan belukar, enggak begitu kelihatan.

Rona blink-blink dari krom juga lenyap semua. Bentuk bumper juga ganti lebih simpel dari pipa besi. Di atasnya bertengger winch Warn yang slingnya tampak bekas kerja keras alias dipakai. Bukan pajangan doang! Sedangkan pelek yang tertanam pada ujung gardan depan (Dana 30) dan belakang (Dana 35) adalah Weld Racing R15 lebar 8 inci. pelek kanan enggak tampak mengilap namun malah dicat hitam doff serta bersanding dengan ban Simex Extreme 31x10,5.

Bila ngintip ke kolongnya racikan kaki-kakinya turut diubah. “Per daun belakang, per keong depan, link arm dan sokbreker pakai Rough Country. Lumayan mumpuni dihajar di trek offroad,” yakin Babe yang kelahiran 1965 ini. Oh ya dapur pacu Cherokee Limited Country 1998, 4.000 cc high output bertransmisi matik, masih standar namun punya pengalaman banyak. Pernah kelelep di sungai akibat survey. Imbasnya ya masuk bengkel. “Paling parah ya ambrol trasnmisi matiknya. Saya ganti seglundung lebih cepat kan,” ungkap Babe yang dkarunia seorang putra ini.

Yang kurang dari SUV ini adalah rollbar di kabin. soal ini Babe punya alasan. “Belum sempat. Mau pasang sudah dipakai buat survey trek terus. tahu sendiri kelar TSR 2, lalu dipakai buat mobil pendukung event. Termasuk dipakai buat media di event pra IOX Friend & Challenge Jogja,” yakinnya sambil nyengir. Oh gitu. • (otomotifnet)

Plus:
- Lebih gagah dan siap adventure off-road

Minus:
- Belum terpasang rollbar

Data modifikasi

Ban off road :Simex Extreme Trekker 31x10,5

Pelek :Weld Racing R15 lebar 8”
Sokbreker :Rough country
Per daun belakang :Rough country
Knalpot :Borla
winch :warn
jok :Mastercraft

EDITOR

Otomotifnet

Top