Minggu,1 Mei 2016 10:35 WIB

Penulis: otomotifnet

Modifikasi Jeep CJ-7 M/T 1990 Heavy Duty, Keren dan Nyaman

  • Foto: Rian/otomotifnet

    Keren dan Nyaman

  • Foto: Rian/otomotifnet

    Engine swap pakai yang sesuai keturunannya, yakni Isuzu 4JG Turbo

  • Foto: Rian/otomotifnet

    Bagian dalam terlihat detail, rapi dan tetap adem dengan AC

  • Foto: Rian/otomotifnet

    Tampilan depan keren dengan bawaan Jeep Wrangler TJ

  • Foto: Rian/otomotifnet

    Bagian suspensi impor langsung dari Amrik

  • Foto: Rian/otomotifnet

    Pakai ban 285/90-R15 atau ukuran 35, tetap anteng digeber di tol

Pengerjaan kaki-kaki sebenarnya enggak terlalu lama. Namun jadi molor ketika harus menunggu part yang didatangkan dari luar negeri

Jakarta - Ada pesan unik yang diterima, sebelum memulai pengerjaan modifikasi Jeep CJ-7 1990 ini. “Bisa heavy duty, tampang keren, handling mudah dan nyaman saat dikendarai. Itu pesan yang saya terima dari si empunya kendaraan,” jelas Fachrul Sarman, pemilik Cakra Racing Project di Sukarno-Hatta, Bandung. Dari semua pesan itu, hal pertama yang dikerjakan adalah bagian kakikaki.

Beberapa bagian sasis standar CJ7 di-reinforce agar lebih kuat. Nah, bagian ini yang cukup menyita waktu. Lebih kurang 3 bulan lamanya, menunggu datangnya suspensi berlabel King yang dipesan langsung dari Amerika. “Ukuran travel 10 inci yang dipasang. Sedangkan peleknya pakai 15 inci plus ban Simex 285/90- 15,” jelas pria ramah itu. Dengan kombinasi seperti itu, kenyamanan berkendaranya bisa didapat. Bahkan saat diajak melaju dengan kecepatan 80 kpj di tol, terasa anteng saja.

Supaya handling enggak bikin susah pengemudi saat di medan aspal apalagi off-road, maka dicarikan gardan yang mendukung. Hasilnya, gardan copotan Jeep Cherokee menggantikan bawaan aslinya. Ubahan gardan seperti ini, memang sangat lazim dilakukan pada CJ- 7. Tapi dengan pemakaian yang kudu bisa heavy duty, pemakaian garden Cherokee bisa membuat beloknya ban semaksimal mungkin.

Lanjut ke bagian mesin, dimana Fachrul melengserkan bawaan CJ-7. Sebagai gantinya, dipilih mesin 3.100 cc turbo bawaan Isuzu yang berkode 4JG. “Sesuaikan saja dengan garis keturunannya. Kalau mau melakukan engine swap pada CJ-7, maka pilihannya adalah bawaan Isuzu,” ucap pria yang doyan speed off-road itu.

Berkaca pada pesan yang diterima bahwa tampangnya kudu keren, maka beberapa bagaian bawaan asli CJ-7 enggak dipakai lagi. Seperti pada bagian gril dan kap mesin yang diganti dengan bawaan Wrangler TJ. Dari apa yang dilakukan Fachrul, CJ-7 ini kemudian enggak hanya dipakai untuk kegiatan touring adventure saja. Tapi juga dijajal sampai ke even rock crawling yang digelar di Indonesia International Motor Show 2016 JIEXpo, Jakpus. • (otomotifnet.com)


Plus:
- Ganti dengan bawaan Jeep Wrangler TJ, tampang jadi keren
Minus:
- Kelir hitam tanpa aksesori, kelihatannya biasa saja

Data Modifikasi Jeep CJ-7 1990
Ban: Simex 285/90-R15
Suspensi: King
Kap Mesin: Jeep Wrangler TJ
Gril: Jeep Wrangler TJ
Roll-bar: Custom by Cakra Racing Project
Bull-bar: Custom by Cakra Racing Project
Mesin: Isuzu 4JG
Piping: Custom by Cakra Racing Project
Safety belt: Simson 4 titik
Jok: Corbeau

EDITOR

Bagja

Top