Jumat,23 Okt 2015 11:04 WIB

Penulis: pewete pewete

Modifikasi Kia Sportage Option A/T 2012, Sangar Ala OEM Style

Foto: Rian

Modifikasi Kia Sportage Option A/T 2012, Sangar Ala OEM Style



Suku cadang tambahan yang jarang dijual di Tanah Air tidak menghentikan Andrie dalam memodifikasi SUV Koreanya.


Jakarta - Sejak meminangnya 3 tahun lalu, pemilik All New Sportage tahun 2012 ini sudah kepincut desainnya. Namun agar terlihat berbeda, Andrie Hendriansyah memutuskan untuk mengaplikasikan ilmu memodifikasi yang selalu ia terapkan sebelumnya.



Di ID-Sportage jarang yang main mesin, agar performa lebih dapat diatur, dipasangkan Dastek Q+ dan throttle controller

"Yang jelas soal performa, tidak mau kalah dari SUV Jepang, jadi saya mulai di mesin saja," jelas Andrie. Sayangnya, jangankan piston kit atau turbo bolt-on, sekadar replacement filter saja sulit dicari untuk Sportage. Perlu diimpor dari luar terlebih dahulu. Akhirnya, metode memaksimalkan ECU via piggyback dipilih.



Motif karbon juga ditemui di dasbor, door trim dan area tuas tranmsisi untuk menyeragamkan eksterior

"Pakai Dastek Q+ di-tuning Om Soleh Sigma Speed, plus throttle controller bisa lah sekarang akselerasi ngimbangin larinya CR-V 2.4," tambah pria yang berdomisili di Bekasi ini. Namun Ia merasa kurang puas lantaran sudah menemukan Sportage yang sudah dipasangi turbo di Indonesia. "Sudah bukan yang paling kencang lagi sekarang di komunitas, hahaha..."



Fog lamp ganti versi Eropa, sedangkan lampu sein pada head lights sudah LED


Tutup kap mesin, eksterior dirasa perlu ikut dirambah. Mulai dari lampu, semua diganti dengan versi Sportage yang beredar di Eropa. Mulai dari lampu kabut bentuk L, lampu sein depan dengan LED, lampu belakang dan reflektor LED, semua ditukar dengan versi OEM.



Pelek Privilege 20 inci menguatkan kesan sangar tanpa merusak aliran

Beruntungnya, Andrie tidak perlu sampai ke Korea untuk mendapat barang-barang tersebut karena kebetulan PT. Kia Mobil Indonesia waktu itu mau menyediakan. Kabin tampil standar tanpa ada pelapisan ulang bahan, namun diberikan stiker motif karbon 3M di sekujur bagian untuk menyamai bagian luar yang juga dilapis dari kap mesin ke atas.





Terlihat simpel, namun lampu full LED ini menguras kocek cukup dalam. Semua disediakan PT. KMI dengan permintaan khusus

Terakhir, audio juga disentuh agar hiburan kabin tetap maksimal, namun tanpa mau mengganti HU standar karena enggan menghilangkan kesan orisinalitas. "Tambah subwoofer 10 inci, sisanya di-setting oleh Ko Ayung Dutamas, biar enak dengerin Tony Daren, Fourplay atau Genesis, hehehe," ungkap pria yang biasa bermain kendaraan off-road tersebut.
• (otomotifnet.com)

PLUS:
-
Eksterior sangar tanpa menghilangkan kesan standar

Minus:
-
Interior kurang maksimal

DATA MODIFIKASI:


Eksterior Head lights OEM Kia, Fog lights OEM Kia, Stop lamp LED Custom OEM Kia, Reflector LED Custom OEM Kia, Spoiler OEM Kia, Front Diffuser OEM Kia, Rear Diffuser OEM Kia, 3M Carbon Sticker Interior 3M Carbon Sticker, No Doubt Start/Stop Engine Button + Alarm System Kaki-kaki Privilege 20 inci, Toyo 245/45R20 Mesin Dastek Unichip Q+, Throttle Controller Dastek Audio Subwoofer 10 inch, tuned by Koko Ayung Audio








EDITOR

Otomotifnet

Top