Rabu,11 Mei 2016 08:28 WIB

Penulis: otomotifnet

Modifikasi Mazda Astina 1990, Restorasi Dengan Syarat

  • Foto: KYN/otomotifnet

    Interior masih dalam kondisi sangat terawat

  • Foto: KYN/otomotifnet

    Setir Nardi Torino menggantikan setir asli agar tidak rusak

  • Foto: KYN/otomotifnet

    Lis bodi ini beli dari Singapura dalam kondisi NOS

  • Foto: KYN/otomotifnet

    Repaint dengan British Racing Green biar tampilannya kembali segar

Mobil ini masih berstatus tangan pertama, ayah menyerahkan asal tetap dirawat dengan baik

Jakarta - Bapak saya itu memang maniak berat Mazda. Sebelum Mazda Astina 1990 ini, ada 626 Capella. Nurun ke saya juga akhirnya kesenangan bapak,”ujar Wisnu Anggoro yang dapat kesempatan mengurusi Astina tangan pertama ini. “Bapak cuma pesan mobil ini jangan diapa-apakan ya. Harus dirawat dengan baik karena ini mobil ‘klangenan’ beliau,” ucap Wisnu, panggilan akrabnya.

Karena sudah berusia 26 tahun, tentu saja tampilannya sudah harus ‘diremajakan’ lagi. “Yang pasti cat ulang biar kayak baru lagi. Milih bengkel catnya saja 9 bulan, hahaha,” gelaknya. Untunglah ia bertemu dengan Daned dari bengkel Naufal Creative di Bintaro. Hatchback ini pun berganti warna jadi British Racing Green yang merupakan warna Mazda MX5 di luar negeri. “Aslinya pine green, gantinya hijau juga cuma lebih tua,” sebut Daned. Sembari menunggu selesai pengecatan selama 3 bulan, Wisnu berburu parts yang harus diganti.

Hasilnya, “Saya dapat lis atas kaca depan dan lis bodi yang ada lampu seinnya dari Singapura. Mika sein bumper depan dan decal di pintu bagasi belakang dari Jepang, console asthray dari Polandia,” seru pria berkacamata ini panjang lebar. Wuihhhh… Masuk ke interior, terlihat hampir semua detail masih lengkap dan utuh. Wisnu juga lagi nunggu jok Mazdaspeed yang dipesan dari Jepang.

“Kalau setir saya ganti dengan Nardi Torino palang tiga ini karena sayang setir aslinya takut rusak,” ujar pria 40 tahun ini. Ckckck… Alhasil begitu selesai dan dibawa ke rumah, ayah sampai menangis terharu melihat kondisi mobil kesayangannya kembali seperti saat beliau beli dari showroom 26 tahun silam. “Senang rasanya bisa membuat ayah saya bahagia melihat mobilnya ini saya rawat,” tuturnya. Good job bro! • (otomotifnet.com)

Data Modifikasi Mazda Astina 1990

Eksterior
Repaint British Racing Green Spies Hecker, ganti list sepatbor depan yang ada lampu sein dan list atas kaca depan, mika sein bumper

depan baru, decal GT 16 Valve pintu belakang
Interior
Setir Nardi Torino palang tiga, sil plate Mazdaspeed, console asthray Astina Polandia
Pelek dan Kaki-kaki
Enkei RPF1 Type II 17X7 inci, ban Dunlop SP Sport LM704 205/45R17 dan GT Radial Champiro HPY 205/45R17

Plus:
- Hasil restorasi dan modifikasi masih mengutamakan fungsi
Minus:
- Pelek dan jok Mazdaspeed belum sampai

 

EDITOR

Bagja

Top