Jumat,23 Sept 2016 09:08 WIB

Penulis: otomotifnet

Modifikasi Mitsubishi Lancer SE-1999, Tommi Makinen Edition Converted!

  • Foto: KYN/otomotifnet

    Jok Recaro Ralliart tak luput di pasang

  • Foto: KYN/otomotifnet

    Pelek legendaries Enkei Evo TME, bikin ngiler!

  • Foto: KYN/otomotifnet

    full OEM Evolution TME

  • Foto: KYN/otomotifnet

    Enggak ada bedanya dengan Evolution TME asli!

Membuat tampilannya jadi seperti ini, satu unit Evo TME asli pun harus rela dikampak!

Jakarta - Bagi penggila mobil Mitsubishi terutama Mitsubishi Lancer Evolution pasti tahu dengan Lancer Evolution Tommi Mäkinen Edition (TME). Yup, pada tahun 1999 mengambil basis Lancer Evolution VI pabrikan Mitsubishi membuat edisi spesial Evolution VI yang diberi nama pereli Mitsubishi Tommi Mäkinen yang menjuarai rally WRC empat kali.

Belakangan, mobil yang juga kerap disebut Lancer Evolution TME atau Lancer Evolution 6.5 ini terlihat ada di Pekanbaru, Riau. Beruntung OTOMOTIF bisa berkenalan dengan pemiliknya yang hanya mau disapa Eddy. “Hehehe…ini sebenarnya Lancer CK4 lokal yang saya konversi jadi Lancer Evolution TME,” kekeh Eddy. Wah, masa sih?

Ya, penggila mobil Mitsubishi ini sudah lama menginginkan mobil legendaris ini. “Ternyata enggak gampang nyarinya, saya malah akhirnya dapat satu unit di Jepang,” tukasnya. Karena proses memasukkan mobil dari luar Indonesia cukup sulit, mau enggak mau akhirnya mobil pun di ‘kampak’ alias dipreteli di sana. Barulah semua parts-nya saya kirim ke sini,” ungkapnya.

Nah, sementara menunggu semua parts tiba di Pekanbaru, Eddy pun membeli satu unit Lancer CK4 lokal untuk dibedah. Begitu mobil didapat langsung dikirim ke bengkel untuk dipreteli, “Semua body parts sampai mesin dan kaki-kaki dilepas, hanya rangka dan body frame asli saja yang tersisa,” ujar pria paruh baya ini. Benar-benar modifikasi serius nih!Begitu semua parts tiba, satu persatu pun mulai dipasang.

Mulai dari mesin 4G63T yang legendaris sampai semua body parts pun mulai dirakit. Setelah terpasang, barulah dicat dengan warna merah khas Lancer Evoluion TME. “Semua ori bawaan Evolution TME, bahkan saya beli lagi stiker bodi OEM khas Evolution TME yang harganya cukup lumayan dari Jepang langsung,” ucapnya.

Yang bikin ‘ngiler’ adalah pelek ori bawaan Evolution TME, pelek Enkei Evo TME ukuran 17 inci berwarna putih ini banyak jadi incaran para penggila pelek Jepang. Modelnya memang sporty banget! Masuk ke interior, seluruh parts interior Evolution TME sudah terpasang rapi. Mulai dari jok Recaro Ralliart dengan logo emboss Tommi Makinen sampai pernik terkecil pun sudah terpasang. “Instrument cluster untuk memantau oil pressure boost turbo, dan temperature dari Ralliart juga berhasil saya dapatkan,” bangganya.

Begitu semua selesai, tak terlihat bedanya dengan Evolution TME asli karena hampir semua parts-nya memang berasal dari mobil Evolution TME asli. “Puas rasanya melihat hasil akhirnya,” seru Eddy dengan nada bangga. Keren! • Kyn/otomotifnet.com

Data Modifikasi

Mesin:4G63T OEM Evolution TME with turbo titanium
Interior: Full interior parts Lancer Evolution TME
Eksterior: Full bodyparts Lancer Evolution TME
Pelek dan kaki-kaki: EnkeiEvo TME 17 inci, suspensi full OEM Evolution TME

Plus:Konversi lengkap dari Lancer lokal ke Evolution TME
Minus: Beberapa parts kurang mulus akibat pengiriman

EDITOR

Bagja

Sabtu,1 Okt 2016 18:45 WIB

KUN Manado 2016

Jumat,23 Sept 2016 10:30 WIB

Toyota Sienta - Test Drive Review

Top